Home >> Akademika >> Pemilos SMKN 16 Jadi Pendidikan Politik
BELAJAR POLITIK: Melalui kegiatan pemilihan pengurus OSIS, siswa SMKN 16 diberikan pendidikan politik secara langsung dengan bantuan dari KPU Kota Samarinda
BELAJAR POLITIK: Melalui kegiatan pemilihan pengurus OSIS, siswa SMKN 16 diberikan pendidikan politik secara langsung dengan bantuan dari KPU Kota Samarinda

Pemilos SMKN 16 Jadi Pendidikan Politik

KPU Samarinda Berikan Dukungan

SAMARINDA – Pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis (Pemilos) SMKN 16 Samarinda diharapkan menjadi ajang untuk memberikan pendidikan politik kepada siswa-siswi SMKN 16 Samarinda. Di tengah hiruk-pikuk isu keberagaman dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang tengah memasuki masa kampanye di beberapa daerah, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Samarinda kembali menyasar para pemilih pemula yang berada di sekolah khususnya yang berada di SMA/SMK untuk melakukan sosialisasi kepada siswa SMKN 16 Samarinda untuk memberikan pengetahuan politik dan serba-serbi dalam pemilihan umum, agar kelak dapat memahami tentang pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada.
Kepala SMKN 16 Samarinda Husniah Achmad menjelaskan, pihak sekolah sangat mengapresiasi pendampingan yang dilakukan oleh KPU Samarinda.
“Karena dalam waktu dekat mereka juga akan menjadi pemilih pemula, pada Pilkada nanti.” ujarnya.
Disampaikannya, saat ini ancaman terbesar bukan lagi soal kemungkinan rendahnya ketidaktertarikan siswa-siswi SMA/SMK yang akan menjadi pemilih pemula, untuk mengikuti baik itu Pilkada maupun Pemilu Legislatif. Namun kemungkinan adanya kesalahpahaman para siswa terhadap pemilihan umum yang dapat berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.
“Ada kekhawatiran mereka bisa menjadi objek yang dimanfaatkan, dan lain sebagainya,” katanya.
Untuk itu, ia berharap dengan pendampingan terhadap pelaksanaan Pemilos oleh KPU mulai dari proses awal hingga rekapitulasi suara, akan memberikan gambaran terhadap para siswa terhadap bagaimana penyelenggaraan pemilihan umum.
“Ini baik sekali. Dari proses awal mereka didampingi diarahkan untuk semua detail prosesnya, bahkan pemungutan suara dilakukan sebagaimana pemilu yang sebenarnya, jadi mereka nanti tidak kaget dan bingung lagi,” ungkapnya.
Pemilos dilaksanakan pada Rabu (23/11) lalu, kegiatan tersebut juga dihadiri Komisioner KPU Kota Samarinda Tri Wahyuni, dan mewakili Dinas Pendidikan Kota Samarinda Muhammad Wahiduddin serta, Kabid I Kesbangpol Kota Samarinda Ali Mustofa.(rs616)