Dipublish: 8 September 2013, 22:27

Pemkab Mantapkan Persiapan HUT Berau

TANJUNG REDEB – Memasuki awal minggu ke II September 2013,  pagelaran akbar memeriahkan hari jadi Kabupaten Berau ke 60 dan Kota Tanjung Redeb ke 203 semakin dekat. Pemkab Berau pun terus melakukan pelbagai langkah persiapan. Pemkab juga siap mendatangkan artis dangdut Ibu Kota Kristina untuk menghibur masyarakat Kota Sanggam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dra Hj. Rohaini, S.Pd, MM, pemantapan jadwal Hari Jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb puncaknya akan dimulai tanggal 11 – 28 September 2013. Sekaligus mempersiapkan Festival Keraton Nusantara di lapangan Pemuda Tanjung Redeb. Khusus Festival Keraton Nusantara pihaknya telah menyebar undangan ke pelbagai wilayah Indonesia yang memiliki adat budaya Keraton.

“Kalau untuk Kesultanan lokal sudah jelas akan hadir dalam Festival Keraton ini Kesultanan Gunung Tabur dan Kesultanan Sambaliung,” jelasnya. Kesultanan luar daerah yang diundang juga sudah ada yang memberi jawaban, yakni Kesultanan Bali dan Kesultanan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Kesultanan lain masih menunggu jawaban. Ia berharap dalam waktu dekat mendapat jawaban dari Kesultanan yang diundang agar ikut memeriahkan acara akbar ini.

Mengantisipasi tumpang tindih tanggung jawab panitia pada puncak Hari Jadi dan Festival mendatang, Disparbud membentuk beberapa tim kecil guna mempermudah persiapan. Sedikitnya ada 13 seksi yang dibentuk dalam persiapan Festival budaya. Dengan cara ini, seluruh tupoksi panitia diharapkan maksimal. “Salah satu pagelaran rakyat yang kita harapkan akan bisa memecahkan rekor MURI nanti, atraksi pulas kayu dengan menurunkan 150 pasang peserta,” ujarnya.

Khusus dari wilayah pedalaman, pihaknya akan menghadirkan sekitar 60 sampai 70 pasang, sisa pasangan yang akan mengikuti lomba, peserta dari dalam kota. Untuk lomba Ancur Paddas, menurut Rohaini, akan dipindah jadwalnya ke 14 September. Dominan acara yang akan digelar nanti menampilkan adat budaya kedaerahan. Sebab selama ini sudah mulai banyak warga yang melupakan adat daerah, pihaknya pun akan menampilkanya kembali. “Tentunya dengan desain atau sentuhan agar tampil lebih modern meski asalnya tradisional,“ ujarnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokoler Sekkab Berau, Hendratmo melalui PPTK Berau Expo Tahun 2013 Takarianto menjelaskan, pelaksanaan Berau Expo tahun 2013 selain menampilkan pelbagai kreativitas seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Berau, 13 Kecamatan dan pihak swasta turut membuka stand. Untuk artis ibu kota, saat Expo bakal dihibur Group Band Rumor. “Selama Expo akan ada hiburan berupa panggung. Nanti akan menampilkan pelbagai seni tari dari beberapa kecamatan dan paguyuban yang ada di Kota Sanggam,” jelasnya. (ind/Adv)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger