Breaking News
Home >> Samarinda >> Pemkot Dapat Rp100 Miliar

Pemkot Dapat Rp100 Miliar

SAMARINDA – Tahun 2017 mendatang Pemkot Samarinda bakal mendapat kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat senilai Rp100 miliar untuk mengurus pembangunan akses terminal penumpang pelabuhan Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang.
Hal ini diungkapkan oleh Assiten II bidang ekonomi pembangunan Sugeng Chairuddin, usai rapat bersama instansi terkait, Selasa (11/10) kemarin. “Kami tinggal menanda tangani MoU (memorandum of understanding) antara KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Perhubungan), Pelindo dan nantinya bersama pihak pemerintah provinsi. Diharapkan dari masing-masing pihak dapat bertanggungjawab dalam mengerjakan bagiannya,” papar Sugeng.
Adapun rincian pembagian anggaram ada yang dibagi dari sisi laut dengan anggaran Rp20 miliar dan sisi darat Rp80 miliar. Tanggungjawab pemerintah dalam pembangunan ini sebagai pihak yang mengurus pembebasan lahan dari warga. “Kamis nanti (besok) kami jalankan kegiatan sosialisasi ke warga yang memiliki lahan agar segera dibebaskan untuk pembangunan ini karena potensinya jika dihitung-hitung tentu akan menguntungkan warga sekitar karena akses untuk penumpang semakin lancar,” jelasnya.
Selain menguntungkan karena akses penumpang semakin mudah, nantinya pelabuhan itu juga membuka kawasan industri dan ekonomi masyarakat yang berada disekitar pelabuhan. Beberapa tanggungjawab yang akan dikelola selain pihak yaitu pembangunan dari sisi darat yang menjadi tugas dari KSOP.
“Dari sisi lautnya akan menjadi wewenang Pelindo untuk mengatur, termasuk dalam pengaturan pelabuhan yang saat ini berada Palaran itu nantinya akan kami serahkan juga ke pihak Pelindo nantinya akan dibangun apa. Sebab dalam hal ini Pemkot hanya bertugas dalam hal pembebasan lahan warga saja,” jelas Su­geng. (ms315)