Breaking News
Home >> Samarinda >> Pemkot Siapkan Pelabuhan Baru di Palaran
DEMI PEMBANGUNAN: Rapat membahas pembangunan pelabuhan yang dilakukan pemkot bersama unsur terkait pekan lalu.
DEMI PEMBANGUNAN: Rapat membahas pembangunan pelabuhan yang dilakukan pemkot bersama unsur terkait pekan lalu.

Pemkot Siapkan Pelabuhan Baru di Palaran

Anggaran Sudah Siap Langsung Gerak Cepat

SAMARINDA – Akhir pekan kemarin, Pemkot Samarinda bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda, serta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) mengikat kerjasama pembangunan terminal pelabuhan penumpang yang lebih representatif pengganti pelabuhan yang sudah ada saat ini di Jl Yos Sudarso.
Pelabuhan baru tersebut nantinya akan dibangun di Kelurahan Bukuan, Palaran dengan tujuan melengkapi pelabuhan peti kemas yang sudah beroperasi beberapa tahun belakangan di kawasan tersebut. Efeknya pun akan sangat besar bagi pembangunan dan kemajuan kota. Apalagi kini tengah gencar wacana pemekaran wilayah Samarinda menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Samarinda.
Penandatanganan kontrak kerjasama digelar Jumat (18/11) pekan lalu di Jogjakarta, dilakukan tiga pimpinan instansi yaitu Walikota Samarinda Syaharie Jaang selaku pihak pertama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda Kapten Abdul Rochman selaku pihak kedua, serta Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung selaku pihak ketiga.
Dalam Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus menjabar soal wilayah tanggungjawab masing-masing pihak terkait pembangunan hingga anggaran untuk pembangunan fasilitas publik dimaksud. Di antaranya Pemkot Samarinda bertanggungjawab atas permasalahan sosial berupa pembebasan lahan, Kesyahbandaran bertanggungjawab atas pembangunan trestle dan dermaga, serta Pelindo bertanggungjawab atas pembangunan terminal penumpang. “Kerjasama ini akan sangat bernilai positif bagi perkembangan pembangunan di Kota Samarinda, terutama menyangkut sinergitas pembangunan,” ungkap Jaang usia penandatanganan MoU.
Pemkot juga akan membentuk tim khusus yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait sebagai tindak lanjut atas MoU dimaksud. Itu sebagai bentuk nyata komitmen serius dari Pemkot Samarinda dalam upaya mempercepat proses pembangunan di Kota Tepian.
“Nanti kita akan bentuk tim khusus untuk menindaklanjuti ini. Selain pembebasan lahan untuk terminal penumpang, juga sekaligus kita siapkan untuk kantong parkir. Karena informasinya, anggaran dari PT Pelindo sudah siap. Jadi kita juga harus bisa bergerak cepat,” sebutnya lagi. (ms315/*)