Breaking News
Home >> Balikpapan >> Pemkot Ujicoba e-Tax Pajak Parkir, Restoran dan Hiburan
RAHMAD MAS’UD
RAHMAD MAS’UD

Pemkot Ujicoba e-Tax Pajak Parkir, Restoran dan Hiburan

BALIKPAPAN-Pemerintah kota tengah mempersiapkan inovasi penerapan sistem penerimaan PAD berbasis online atau IT. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah khususnya pajak dan retribusi daerah juga untuk menekan angka kebocoran.
Wakil Walikota Rahmad Mas’ud menyebutkan dalam proses pemungutan pajak, pemkot melakukan sejumlah upaya seperti pelayanan pembayaran dan pelaporan transaksi pajak hotel, restoran, hiburan dan pajak parkir secara online. Ini didasari dari terbitnya Perwali 15 tahun 2015.
Disamping itu, pemkot bekerjasama dengan BRI memasang alat e-tax ke cash register wajib pajak. “Hingga kini telah terpasang 23 alat e-tax pada wajib pajak parkir, hiburan dan restoran,” ungkap Rahmad saat penjelasan APBD 2017 kemarin.
“Saat ini masih dalam tahap ujicoba dengan pemasangan pada 23 wajib pajak,” sambungnya.
Selain itu, untuk pelayanan pelaporan pajak daerah melalui E-SPTPD (surat pemberitahuan pajak daerah) atau SPTPD online yakni sistem aplikasi berbasis web yang dikembangkan sebagai sarana wajib pajak self assesment yakni melaporkan kewajiban pajak daerah secara online menggunakan komputer, laptop atau smartphone yang terkoneksi internet.
“Di samping itu melalui Dispenda telah mengembangkan sistem pembayaran secara online host to host yakni sistem informasi pajak daerah dan sistem pembayaran pada Bankaltim terintegrasi secara realtime sehingga proses transaksi dapat dilihat baik pada bank maupun Dispenda secara realtime,” katanya.
Diketahui, jumlah PAD kota pada tahun 2017 ditargetkan sebesar Rp613 miliar. Diperkirakan PAD pada beberapa tahun ke depan jumlah terus meningkat hingga Rp1 triliun. (din)