Home >> Politik >> Pemprov Minta KPU Kaltim Kaji Ulang

Pemprov Minta KPU Kaltim Kaji Ulang

Kembalikan Usulan Anggaran Pilgub 2018 Capai Rp486 Miliar

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim terpaksa mengembalikan rumusan usulan anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim untuk keperluan penyelenaggaraan Pemili-han Gubernur 2018. Usulan KPU dianggap terlalu besar, sehingga perlu ada rasionalisasi beberapa kegiatan agar pembiayaan bisa berkurang.
Usulan Anggaran penyelenggaraan Pilgub senilai Rp486 miliar. Pemda tidak dapat diakomodir sepenuhya. Se-hingga dipastikan terjadi pengurangan jumlah anggaran yang diusulkan belum lama ini.
Komisioner KPU Kaltim Bidang Logistik dan Keuangan, Ida Farida mengungkapkan pemprov menyarakan KPU mengkaji ulang beberapa item kegiatan yang estimasi anggarannya memung-kinkan dipangkas. “Asumsi mereka (pemprov) kemampuan (anggaran) daerah tidak mencukupi. Nah, kami diminta mengurangi bidang-bidang tertentu. Jadi, ya kami harus kaji ulang lagi,” terang Ida, Kamis (17/11) kemarin.
Dia menyatakan ke-mungkinan rasionalisasi anggaran dilakukan pada pembiayaan operasional dan administrasi perkantoran, serta kegiatan sosialisasi yang tidak termasuk dalam tahapan persiapan dan pelaksanaan.
Sedangkan biaya honorarium dipastikan tak berubah atau berkurang, karena sistem penggajiannya mengacu pada standar nilai yang telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Keuangan. “Yang paling bisa dipotong itu, barangkali pembiayaan operasional dan administrasi. Ada juga sosialisasi ke masyarakat yang tadinya mau kita perbanyak seiring menurunnya partisipasi masyarakat, ini juga akan dikurangi,” ujar Ida.
Ida menambahkan pengkajian ulang dilakukan hingga beberapa hari ke depan dan selanjutnya hasilnya kembali didiskusikan bersama Pemrov Kaltim.
“Nilainya tidak akan jauh. Karena paling kegiatan ‘sunnahnya’ saja bisa dikurangi, kalau hal-hal yang wajib tidak bisa,” tandasnya. (sof215)