Pengembangan Ekowisata Karst Dimulai dari Biduk-biduk

0
4
Jejak Sejarah: Sejumlah peninggalan sejarah yang masih terukir jelas di dalam pengunungan karst. Potensi ini lah yang akan dikembangkan sebagai ekowisata geologi karst Kalimantan.

TANJUNG REDEB – Kabupaten Berau harus bersyukur karena dikaruniai pengunungan karst yang terbentang mulai wilayah pedalaman hingga ke pesisir selatan. Potensi ini pun dinilai dapat dimanfaatkan dalam peningkatan kunjungan wisatawan yang dikemas dalam ekowisata geologi karst Kalimantan.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan (P3EK) sudah memasukkan program ini. Saat ini P3EK telah menyusun rencana pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup kawasan karst dengan program mengembangkan swadaya masyarakat dalam pengelolaan kawasan karst.
Pengembangan ekowisata di-mulai dari Kecamatan Biduk-biduk sebagai wilayah Pesisir Selatan. P3EK pun telah menjalankan strategi aksi dalam program menuju Biduk-biduk sebagai ekowisata geologi karst Kalimantan.
Target utama adalah peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat sekitar kawasan karst mengenai informasi, potensi ekosistem karst dan daya tarik wisata geologi karst. Keterlibatan masya-rakat mengelola kawasan karst merupakan instrumen sangat efektif mengurangi dampak yang lebih besar. “Karst ini merupakan tandon air yang sangat penting,” ujar Kepala P3EK, Tri.
Pemerintah daerah mendukung penuh upaya ini. Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menyatakan dukungan KemenLH dan Kemen-hut sangat diperlukan membantu pengembangan ekowisata kars Kalimantan. Program ini dikatakan dia seiring dengan Pemkab Berau yang juga tengah gencar mem-bangun pariwisata berke-lanjutan.
Potensi wisata di Berau meliputi wilayah pesisir selatan yang saat ini digarap Pemkab Berau. Selain kawasan karst, banyak potensi di setiap kecamatan pesisir Selatan ini. “Satu per satu kita benahi, sehingga fokus pengembangan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan yang kita susun,” ujar Agus Tantomo. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here