Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Pengunjung Buen Festival Membludak

Pengunjung Buen Festival Membludak


korankaltim
korankaltim
2016-10-10 05:05:34
PENAJAM – Hari kedua pelaksanaan Buen Festival diwarnai dengan membludak jumlah pengunjung dalam kegiatan yang dilaksanakan Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tersebut.

Guna menjagaan keamanan dan ketertiban kegiatan budaya yang diprakarsai komunitas Jaringan Kampung (Japung) tersebut, Polres PPU mengerahkan sedikitnya 30 personelnya.

Kegiatan tersebut dinilai sukses menyita perhatian masyarakat termasuk luar daerah. Acara yang pertama kali dilaksanakan di PPU ini menyajikan beragam suguhan mulai dari pentas seni dari seniman dalam dan luar daerah, musik, literasi jalanan, pemutaran film, aneka jajanan, pameran oleh-oleh khas PPU, perkumpulan berbagai komunitas di PPU.

Seorang pengunjung asal Penajam, Jumaiyah mengatakan sangat mendukung kegiatan seperti ini. Selain sebagai ajang hiburan maayarakat, dapat mengangkat potensi di PPU, baik dari segi seni dan budaya maupun meningkatkan perekonomian masyarakat, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Hal senada diungkapkan Yanto, pengunjung yang mengaku dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Ia mengaku khusus datang ke acara Buen Festival karena penasaran setelah membaca dan mendengar informasi dari media elektronik dan beberapa rekannya dari PPU dan ternyata kegiatan cukup meriah dan sangat baik bahkan patut dijadikan contoh oleh daerah lain.

“Saya sangat senang datang ke acara Buen Festival di PPU ini, karena selain mengangkat budaya lokal juga ada beberapa budaya daerah lain yang diangkat. Ini patut dicontoh sebagai wujud Bhinneka Tunggal Ika merupakan motto atau semboyan Indonesia. Kegiatan cukup sederhana namun terlihat sangat megah,” tukasnya.

Sementara itu, Aris seorang Pedagang Kaki Lima (PKL) menyatakan, membludaknya kunjungan masyarakat itu, membawa dampak positif bagi seluruh pedagang termasuk PKL, sebab selain masyarakat ingin melihat pelaksanaan kegiatan mereka juga membeli makanan dan barang yang dijual para pedagang. “Selama dua malam kegiatan barang saya terjual cukup banyak, bahkan dalam satu malam saja uang yang berhasil saya dapatkan mampu menutupi modal, sehingga pada malam kedua ini uang hasil keuntungan saja mas. Jelas kegiatan itu sangat bermanfaat jika bisa diagendakan setiap setahun sekali,”ujarnya.

Kapolsek Waru Polres PPU, AKP Juhari, menegaskan hingga hari kedua kegiatan masih berjalan dengan aman dan kondusif, karena dukungan seluruh masyarakat untuk bersama – sama menjaga ketertiban dan keamanan, meskipun pihaknya telah memberikan pengamanan. “Alhamdulillah, selama dua hari ini acara berlangsung dengan aman dan kondusif, meskipun ramai tapi tidak terjadi keributan, anggota kami juga terus bersiaga memberikan bantuan keamanan bagi seluruh masyarakat yang ada di lokasi kegiatan,”tegas Kapolsek.

Diakuinya, kendala saat ini yang dihadapi hanya terjadi kemacetan pada jalan masuk dan keluar tempat acara sehingga tim cukup kesulitan untuk mengatur arus lalu lintas dan penempatan kendaraan. Namun kondisi itu masih bisa teratasi dengan baik.

“Dalam kegiatan pengamanan kegiatan ini, Polres PPU mengerahkan sedikitnya 30 personel, terdiri dari 10 anggota dari Polsek Waru dan 20 anggota dari Polres PPU. Selain itu ada beberapa anggota berpakaian preman yang melakukan pemantauan di lokasi kegiatan dan jika sewaktu – waktu dibutuhkan mereka siap membantu masyarakat,”tandas Juhari. (nav)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 months ago | dibaca 655 kali
img
korankaltim
korankaltim
4 months ago | dibaca 2.185 kali
img