Breaking News
Home >> OTOMOTIF >> Penjualan Motor Sepanjang 2016 Menurun

Penjualan Motor Sepanjang 2016 Menurun

Penjualan motor hingga akhir September mencapai 555.000 unit. Tambahan itu membuat total penjualan motor selama sembilan bulan pertama 2016 mencapai 4,35 juta unit.
“Angkanya masih sementara karena belum direkap dengan lengkap oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, tapi kisarannya di angka itu,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Margono Tanuwijaya kepada wartawan di sela-sela pameran Intermot, di Koln, Jerman.
Penjualan motor mengalami penurunan sekitar 9,8 persen. Beberapa faktor yang menyebabkan penurunan adalah faktor cuaca, harga komoditas yang belum membaik sehingga menurunkan daya beli.
“Kadang-kadang di semester kedua ini lumayan penjualannya, tetapi ternyata curah hujan cukup tinggi, jadi mengganggu penjualan motor di daerah pedesaan, karena kalau panennya gagal, penghasilan mereka jadi berkurang,” ujar Margono.
Dia menuturkan, penjualan Honda di bulan September masih mengalami kenaikan menjadi 423.000 disusul Yamaha 119.000 unit.
Margono memprediksi, sampai akhir tahun penjualan bakal ditutup di angka 6 juta unit. Tahun lalu penjualan motor mencapai 6,5 juta.
“Jadi kalau rata-rata Oktober sampai Desember bisa 500.000 maka ya bisa 6 juta,” ujarnya. (cnn)