Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Pentingnya Belajar Parenting Sebelum Menikah

Pentingnya Belajar Parenting Sebelum Menikah


korankaltim
korankaltim
2016-10-17 20:41:26
SAMARINDA – Mempersiapkan pola asuh anak yang baik, menjadi tanggung jawab utama para orangtua, jauh sebelum adanya permasalahan timbul. Karena itulah disarankan sebelum menikah belajar dulu mengenai parenting. Hal ini sangat penting karena ketika permasalahan sudah muncul pada tumbuh kembang anak, pasangan muda cenderung bingung dan tidak mengerti bagaimana menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut.

dr.Mira Irmawati Spa, dokter spesialis anak, yang juga konsultan tumbuh kembang anak menuturkan, persiapan menghadapi peran menjadi orangtua sudah harus disiapkan pada masa premarital. Hal ini untuk menghindari kesalahan persepsi, ketika terjadi permasalahan tumbuh kembang anak yang timbul.

“Kalau sudah belajar lebih awal setidaknya sudah tahu, standar-standar untuk mendeteksi, sejauh mana pertumbuhan anak. Apakah sudah optimal atau belum, langkahnya bagaimana dan lain sebagainya. Selain itu juga untuk menyiapkan mentality-nya juga,” ujar dokter asal Kota Surabaya tersebut saat memberikan materi di Seminar Parenting Tumbuh Kembang Anak dan Segala Problematikanya garapan Komunitas Peduli Tumbuh Kembang Anak Samarinda bekerja sama dengan Koran Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Sabtu (15/10) lalu.

Ketua panitia sekaligus penggagas seminar yang diikuti 100 peserta tersebut, Lida Gani menjelaskan, pihaknya mengaku sangat bangga dengan antusias peserta.

Ia berharap melalui seminar tersebut, akan membuka jalur akses kepada para orang tua, yang mungkin selama ini memiliki permasalahan dengan tubuh kembang anaknya, namun masih bingung harus konsultasi kemana. “Harapannya bisa membuka akses juga untuk para orangtua, karena kan setelah ini, akan dilajutkan denga sesi konsultasi juga,” terangnya.

Lida tak menampik bakal menggelar acara serupa tahun depan. Tentu harapannya, hadir lebih banyak peserta. Lida menyebutkan, dukungan juga datang dari Pemkot Samarinda melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda. Ia mengisyaratkan Disdikbud sangat mendukung aksi tersebut, dan sudah diwacanakan membentuk komunitas ini dengan pengelolaan yang lebih profesional.

Salah satu peserta seminar Afiani Miftahul Janah memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan seminar. Ia mengamini pernyataan dr. Mira Irmawati perihal permasalahan tumbuh kembang sudah muncul, dan sebagai orang tua yang awam, maka bisa jadi langkah yang diambil justru memberi dampak buruk.

“Seminar ini sangat bermanfaat, pasalnya di Samarinda kegiatan parenting class, yang membahas pola asuh dan segala problematika tumbuh kembang anak dengan narasumber yang sesuai masih jarang. “Bagus sekali diadakan di Samarinda, soalnya jarang sekali. Kalau di kota besar sering,” terangnya.

Selama ini ia bersama beberapa ibu dan orangtua hanya mengandalkan referensi dari internet. Kalau tidak, harus merogoh kocek hanya konsultasi kepada ahlinya di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. (rs616)

loading...

baca LAINNYA