Breaking News
Home >> Uncategorized >> Penyusunan Renstra Berlangsung Alot
ALOT:
ALOT:

Penyusunan Renstra Berlangsung Alot

SKPD Dipecah dan Dilebur

SAMARINDA – Penyusunan Rencana Strategis (renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkot Samarinda berakhir Jumat (18/11) kemarin. Namun tidak serta merta pekerjaan penyusunan rencana 5 tahunan tersebut sudah selesai. Pasalnya, beberapa SKPD yang mengalami perubahan, dari peleburan hingga pemecahan membuat kewenangan, hingga tupoksi serta SOTK (Struktur Organisasi Tata Kerja) juga mengalami perubahan.
Ketua Steering Comitee Pendampingan Pembahasan renstra Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda Sri Rejeki menjelaskan, proses pembahasan sudah dilakukan untuk seluruh SKPD, namun untuk penyusunannya masih menyisakan 3 SKPD yang akan rencananya akan dikembalikan ke bidang perencanaan masing-masing SKPD.
“Kalau pelaksanaannya ini sudah minggu terakhir, yang pasti 80 persen sudah terverifikasi lengkap dengan SOTK yang baru,” ujarnya.
Lanjut dikatakannya, 20 persen sisanya merupakan beberapa SKPD yang dipecah dan dilebur seperti Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informasi (Disparkominfo) yang dipecah menjadi 3 SKPD, membuat tupoksi serta kewenangannya berubah.
Kedepan Pemkot Samarinda akan memiliki 37 SKPD plus 10 kecamatan, dan kelurahan yang dahulunya berdiri sendiri, nantinya akan masuk menjadi bagian dari kecamatan dengan level SKPD.
Renstra dan Renja yang merupakan perwujudan dari visi dan misi walikota dan wakil wali kota Samarinda, yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ditambah dengan adanya penyesuaian kewenangan serta tupoksi dengan adanya perubahan, peleburan bahkan penambahan SKPD baru dikatakan Sri juga mempengaruhi durasi pembahasan penyusunan Renstra pada masing-masing SKPD.
“Kami dibatasi waktu, dan kami harus menyelesaikannya di akhir November ini, dan 2017 harus terlaksana, sehingga untuk mensinkronkan tupoksi masih belum maksimal,” paparnya. (adv/rs616)