Published On: Jum, Sep 6th, 2013

Peralihan Unikarta Menjadi Negeri Terkendala Moratorium

TENGGARONG – Keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mengubah status Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), nampaknya bakal tidak akan bisa terlaksana dalam waktu dekat.
Hal ini dikarenakan adanya moratorium dari pemerintah pusat per 1 Agustus 2013  yang menutup sementara perubahan perguruan tinggi dari PTS ke PTN.
“Moratorium inilah yang menjadi dinding penghalang pe-negeri-an itu, dan kita tidak tahu kapan di buka kembali moratorium itu,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kukar, Ilyas Ibrahim, Lc, Koran Kaltim, beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, ada sekitar 30 universitas yang mengantri di depan Unikarta yang disarankan untuk dinegerikan. “Unikarta itu urutan setelah itu, jadi memerlukan wkatu cukup lama untuk me-negeri-kan Unikarta,” ucapnya.
Jumlah mahasiswa Unikarta berdasarkan data yang diperoleh dari Komisi IV mencapai  sembilan ribu orang dan setiap tahun selalu menerima sekitar seribu mahasiswa, baik dari Kukar maupun dari luar Kukar, seperti Kubar.
Ilyas juga mengungkapkan ada syarat lain yang juga patut diperhatikan meski tidak menjadi syarat mutlak, yakni syarat Kukar apakah masuk kategori Kabupaten terbelakang, terdepan (termaju) yang dilihat dari letak geografis, masyarakat dan kesejahteraan. “Iya, kalau menurut saya, Kukar saat ini bisa dikatakan maju bila di banding tahun-tahun sebelumnya walau masih banyak yang harus di benahi,” katanya.
Sebelumnya, Bupati Kukar Rita widyasari mendukung perubahan status Unikarta menjadi universitas negeri agar bisa dibantu Pemda. “Bagus negerilah. Bahkan setahu saya target Unikarta jadi negeri itu di 2014,” ucapnya.
Ia mengatakan, Unikarta akan bisa dibantu oleh pemerintah, khususnya penyelesaian pemba-ngunan kampus Unikarta di Kecamatan Tenggarong seberang yang saat ini mangkrak. “Iya, kendala tidak dilanjutkannya pembangunan Unikarta di Tenggarong Seberang itu kan  karena status Unikarta yang masih negeri,” tukas Rita.(adv/ami)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web