Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Perpani Kaltim Siapkan Atlet Ikuti BIMP EAGA

Perpani Kaltim Siapkan Atlet Ikuti BIMP EAGA


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:00:12
SAMARINDA - Usai perhelatan PON XIX 2016 Jabar, dalam waktu dekat ini cabang olahraga panahan Bumi Etam dihadapkan pekerjaan persiapan ajang internasional yakni 9th Brunei Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) Friendship Games 2016. Kali ini Kaltim menjadi tuan rumah, yang akan mulai dilaksanakan pada 6-12 Desember mendatang.

Ketua Pengprov Persatuan Panahan Nasional Indonesia (PERPANI) Kaltim, Hanafiah mengatakan kejuaraan tersebut merupakan pertandingan yang bertaraf internasional yang diikuti beberapa negara seperti Brunei Darussalam, Malaysia meliputi Serawak, Sabah dan Labuan, Filipina yang terdiri Mindanao dan Palawan, serta Australia (Darwin Northern Territory) yang kemungkinan turut hadir.

Sedangkan peserta dari Indonesia akan diikuti 15 provinsi, yakni Kaltim sebagai tuan rumah, Klteng, Kalbar, Kalsel, Kaltara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulaewsi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sementara itu cabang olahraga yang akan dipertandingkan ada 12 cabor yaitu futsal, sepak takraw, panahan, pencak silat, bulu tangkis, bola basket, atletik, voli pantai, tenis meja, tenis lapangan, karate, dan golf sebagai cabang eksibisi.

“Tapi, khusus panahan ini hanya mempertandingkan 2 kategori saja yaitu divisi recurve serta compound dan BIMP EAGA ini diikuti usia muda dibawah 21 tahun,” ucapnya.

Lebih lanjut kata Hanafiah akhir Oktober atau awal November akan digelar seleksi utuk membentuk tim inti. Pada seleksinya seluruh kabupaten/kota di Kaltim ambil bagian. Rencanaya akan diambil 6 putra dan 6 putri.

“Tetapi, sebenarnya kami sudah memiliki peta kekuatan atlet yang memang memiliki potensi, tetapi supaya adil tetap harus ada seleksi, karena kami tidak tahu sejauh mana perkembangan para atlet junior didaerah selama ini,” ungkapnya.

Selain mempersiapkan BIMP EAGA, Pengprov PERPANI juga tengah fokus dalam pembinaan atlet dengan menggelar kejurda junior pada Desember mendatang. Tapi sejauh ini masih terkendala masalah anggaran.

“Tetapi berdasarkan saran dari pengcab, kalau bisa ada atau tidaknya anggaran, kejurda ini tetap harus dilaksanakan walaupun dengan swadaya (biaya sendiri), karena atlet junior ini starting poin kami untuk dipersiapkan di PON 2020,” kata Hanafiah. (rgn)

loading...

baca LAINNYA