Breaking News
Home >> Football kaltim >> Persiba Permalukan Bali United

Persiba Permalukan Bali United

Persiba Balikpapan sukses mendulang angka penuh dalam laga tan-dangnya setelah mengalahkan Bali United FC 2-1 di Stadion Dipta Gianyar, Minggu (9/10) malam WIB, pada pekan ke-22 Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.
Tambahan tiga poin ini tidak memberikan pengaruh terhadap posisi Persiba di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan koleksi nilai 26. Sedangkan Bali United berada di posisi satu tangga lebih baik dengan selisih satu angka.
Bali United yang tampil di hadapan pendukungnya mencoba menekan pertahanan Persiba sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Namun mereka kesulitan menembus lini belakang tim tamu.
Kubu tuan rumah terbungkam ketika laga memasuki menit ketiga setelah Asnawi Mangkualam menjebol gawang Rully Desrian. Kerja sama antara Maycon Calijuri dan Asnawi diakhiri dengan baik oleh penggawa timnas Indonesia U-19 tersebut.
Laga sempat dihentikan pada menit kesembilan akibat terkendala penerangan. Setelah sempat dihentikan selama hampir lima menit, Bali United mulai meningkatkan agresivitas ke pertahanan Persiba untuk mengejar ketertinggalan. Hanya saja, mereka menemui tembok kukuh Beruang Madu. Selain itu, penyelesaian akhir yang buruk menjadi kendala tuan rumah.
Upaya Bali United untuk menyamakan kedudukan akhirnya terwujud pada menit ke-32. Tendangan bebas kapten tim Fadil Sausu ke pojok atas tidak bisa dihentikan kiper Alfonsius Kelvan.
Di waktu tersisa babak pertama, Bali United berusaha membalikkan keadaan dengan menekan pertahanan Persiba. Kendati demikian, skor 1-1 tetap bertahan hingga paruh pertama berakhir.
Bali United tidak mengurangi serangan mereka demi mendapatkan kemenangan di hadapan pendukungnya. Namun pertahanan solid Persiba kembali mementahkan peluang yang diperoleh tuan rumah di awal babak kedua ini. Miftahul Hamdi mencoba peruntungan ketika menerima umpan terobosan Syakir Sulaiman, tapi upayanya dapat digagalkan Alfonsius sebelum bola sempat ditendang. Selang beberapa menit kemudian, umpan Fadil tidak disambut rekan-rekannya dengan baik.
Alih-alih mengungguli tamunya, gawang Bali United justru kebobolan lewat eksekusi penalti Shohei Matsunaga pada menit ke-57. Hadiah penalti diberikan wasit setelah wasit menganggap kiper Rully Desrian melakukan pelanggaran terhadap Maycon.
Bali United sempat menjebol gawang Persiba melalui sundulan Nemanja Vidakovic menerima bola Hashim Kipuw pada menit ke-80. Namun gol itu dianulir wasit yang menganggap Vidakovic dalam posisi off-side saat menyambut bola.
Upaya Bali United mengejar ketertinggalan menjadi berat setelah Hashim Kipuw diganjar kartu merah empat menit menjelang laga berakhir akibat melakukan tindakan tak terpuji kepada Asnawi yang sebelumnya melakukan pelanggaran keras terhadap dirinya. Skor 2-1 untuk Persiba tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. (gdc)