Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Peserta Raimuna Bersihkan Sampah di Sungai Tenggarong

Peserta Raimuna Bersihkan Sampah di Sungai Tenggarong

TENGGARONG – Sekitar 250 orang anggota pramuka menggelar aksi bakti sosial dengan melakukan gotong royong membersihkan sampah di sepanjang sungai Tenggarong, Rabu (19/10). Aksi ini merupakan bagian dari agenda pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk perkemahan besar atau Raimuna.
Bermodal perahu ketinting, para peserta juga dibantu dari personel BPBD Kukar, TNI, Satpol PP, dan kepolisian. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan kemudian disebar di beberapa titik.
Untuk mobilisasi sampah yang dikumpulkan para peserta, pihak pantia menggandeng pihak Dinas Cipta karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kukar. Sampah-sampah yang dikumpulkan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok.
Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kukar, Aji Ali Husni mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pramuka terhadap isu lingkungan, khususnya di sungai Tenggarong yang membutuhkan penanganan serius.
“Tujuan kita ingin membuktikan bagaimana eksistensi gerakan Pramuka terhadap perhatian lingkungan yang ada di sekitarnya. Karena kita melihat sejauh ini khususnya di sungai Tenggarong sangat kotor dan perlu penanganan yang lebih serius,” kata Ali.
Dilanjutkannya, sungai Tenggarong selama ini memang menjadi sandaran utama warga yang bermukim di sepan-jang bantaran sungai itu, khususnya untuk kebutuhan Mandi Cuci Kakus (MCK). Sehingga Husni menilai perlunya menjaga kebersihan sungai yang membelah Kota Tenggarong ini.
“Kita gerakan Pramuka mencoba mengajak masyarakat untuk berperan menjaga kebersihan di sekitar sungai Tenggarong ini,” ujar Ali.
Selain membersihkan sungai dari sampah, peserta juga melakukan pengecatan trotoar dan membersihkan lingkungan di sekitar Masjid Agung Sultan Sulaiman serta Masjid Jami Hasanoeddin, Tenggarong. (ale/ami)