Published On: Kam, Mar 21st, 2013

Pileg 2014 Kubar Dibagi 4 Dapil

SENDAWAR–Perempuan diberikan porsi penting dalam pemilihan legislatif (pileg) Kubar. Partai yang tak terwakili oleh perempuan sebesar 30 persen, akan dinyatakan gugur. “Intinya, verifikasi dilakukan dengan ketat. Jika ada Caleg sementara yang dalam proses verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) lantas meninggal dunia, maka parpol tersebut boleh mengajukan nama Caleg baru sebagai penggantinya. Dengan catatan, masih dalam proses verifikasi,” kata Ketua KPU Kubar Kalvinus Rafael Sumual.
Untuk proses Caleg sementara ini, KPU Kubar menetapkan jadwal pada 6-8 April 2013, untuk pengambilan formulir menjadi Caleg sementara di Sekretariat KPU dekat kompleks DPRD Kubar. Pembukaan formulir ini dibuka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 16.00 Wita.
Kemudian, pada 9-22 April 2013, batas waktu pengembalian formulir ke KPU Kubar. Diwajibkan yang datang menyerahkan harus ketua umum partai didampingi sekretaris umum yang berkedudukan di Kubar. “Ini penting dilakukan Karena Ketua umum dan Sekretaris Umum akan menandatangani daftar nama Caleg. Tujuannya, menghindari dualisme kepemimpinan di parpol tersebut,” terangnya.
Selanjutnya, 13-17 Juni adalah waktu pengumuman Caleg sementara yang dinyatakan lengkap administrasinya oleh KPU Kubar. Yang patut diperhatikan, keterwakilan 30 persen perempuan di setiap Dapil. Menurut Kalvinus, Dapil kali ini bertambah. Kubar yang meliputi 21 kecamatan dulunya 3 Dapil, kini ditetapkan menjadi 4 Dapil. Untuk Dapil  1 meliputi Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Laham, dan Hubung jatahnya 4 kursi. “Di sini keterwakilan perempuan 30 persen. Artinya, 1 parpol harus menyerahkan data Caleg sementara yang terdiri dari 2 wanita dan 2 pria,” sebutnya.
Untuk Dapil 2, meliputi Kecamatan Long Iram, Tering, Linggang Bigung, Barong Tongkok, Nyuatan, dan Damai, jatah 10 kursi minimal diisi 3 perempuan sisanya 7 pria. Berikutnya Dapil 3 meliputi Kecamatan Sekolaq Darat, Melak, Mook Manaar Bulatn, Muara Pahu, dan Penyinggahan. Di Dapil ini, diberikan 6 kursi, terdiri dari 2 perempuan sisanya 4 pria.
Terakhir atau Dapil 4 meliputi Kecamatan Muara Lawa, Bentian Besar, Siluq Ngurai, Jempang, dan Bongan dengan 5 kursi, yang jatahnya harus diambil 2 perempuan dan 3 orang pria. (tar)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web