Home >> Bontang - Kutim >> Pilkades Serentak Cuma Modal Semangat

Pilkades Serentak Cuma Modal Semangat

SANGATTA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kutai Timur, tidak menutup kemungkinan cuma bermodal semangat saja. Sebab, hingga saat ini, Pemkab belum juga mengelontorkan anggaran pesta demokrasi masyarakat. Padahal Pilkades tersebut bakal diselenggarakan 20 Desember mendatang.
Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kutai Timur, selaku instansi yang menaungi masalah itu, beralasan anggaran tersebut masih tertahan di bagian keuangan Sekretariat Kabupaten Kutai Timur.
Kepala BPMPD Kutim M Erlyan Noor mengatakan, anggaran Pilkades tersebu sejak awal telah mendapatkan penetapan Surat Keputusan (SK) Bupati, dan tinggal dicarikan ke masing-masing Kas Pemerintah Desa (Pemdes).
“Cuma memang prosesnya agak lambat di administrasinya di bagian keuangan Pemkab Kutim. Kita mengharapkan, dana itu dapat segera dicairkan, biar pelaksanaan Pilkades kita bisa berjalan dengan maksimal,” kata Erlyan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/11).
Diakui, akibat keterlambatan transfer dana tersebut membuat panitia harus berjalan terseok-seok. Namun Erlyan mengapresiasi , partisipasi dan keaktifan masyarakat untuk mendukung proses tahapan Pilkades.
“Sekarang pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkades, masih berjalan tanpa dana. Jadi mungkin masyarakat kita di desa cukup mempunyai peranan, sehingga bisa menalangi duluan dana Pilkadesnya. Kami cukup salut, mereka tetap semangat walaupun dana belum ada,” terangnya.
Meski demikian, Erliyan menyakinkan bahwa masyarakat dan panitia Pilkades tidak perlu khawatir, karena dana tersebut telah dialokasikan Pemkab Kutim. Dia akan terus mengupayakan, sebelum tanggal 20 Desember mendatang, dana tersebut sudah bisa ditransferkan.
“Kita jamin bahwa dana itu akan tetap ada, sekarang tinggal menunggu transfer dari bagian Keuangan Pemkab Kutim saja lagi. Saya berharap, masyarakat dan panitia Pilkades untuk sementara ini dapat bersabar dulu,” pungkasnya. (sab)