Published On: Sen, Apr 1st, 2013

PLN Sewa Mesin Berdaya 10 Megawatt

SAMARINDA - Pemadaman listrik bergilir yang terjadi hingga 20 April di sektor Mahakam, yakni Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong terjadi akibat perbaikan mesin di PLTD Tengkawang. Namun, upaya dilakukan guna mengantisipasi agar tak terjadi pemadaman, Manajer PLN Cabang Samarinda, Ismail Deu kepada Koran Kaltim menjelaskan bahwa pihaknya menyewa mesin listrik berdaya 10 Megawatt yang dioperasikan mulai 10 April dan ditempatkan di Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar).
“Pemadaman akan terjadi karena pasokan daya listrik ke PLTD Sektor Mahakam (Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong) berkurang akibat dua mesin di PLTD Tengkawang rusak, dan terjadi kekurangan beban hingga 30 Megawatt. Saat ini, daya sedang defisitnya dan lagi pas-pasan. Sekarang harus dilakukan pemadaman karena pasokan daya ke sistem Mahakam berkurang,” jelas Ismail Deu, kemarin.
Bahkan, PLN Samarinda berupaya menghindari pemadaman listrik dengan menyewa mesin penambah daya. Mesin sewaan itu akan ditempatkan di Tanjung Batu dengan daya 10 Megawatt.
“Antisipasi PLN dengan menyewa mesin sebesar 10 Megawatt di Tanjung Batu. Rencananya akan beroperasi 10 April, kemudian menunggu percepatan perbaikan mesin di PLTD Tengkawang,” jelasnya.
Pemadaman listrik akan terjadi hingga mesin yang diperbaiki di tiga kota sektor Mahakam, yakni Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan tuntas diperbaiki. Karena, tiga kota tersebut akan terjadi pemadaman bergilir akibat perbaikan mesin dan kekurangan daya tersebut.
“Saya tidak hapal daerah mana saja yang bakal terkena pemadaman bergilir. Yang jelas hampir seluruh kota akan dapat giliran pemadaman sesuai ‘feeder’ yang melayani,” tambahnya. (ad213)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web