Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> PLN akan Tambah Daya Gardu Induk Bukit Biru
ILUSTRASI
ILUSTRASI

PLN akan Tambah Daya Gardu Induk Bukit Biru

TENGGARONG – PT PLN akan menambah daya Gardu Induk Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara, dari 30 megavolt ampere (MVA) menjadi 60 MVA pada 2017. Penambahan daya ini untuk mendukung pasokan listrik ke pelanggan.
Manager PLN Rayon Tengga-rong, Satiman mengatakan, daya 30 MVA saat ini hanya mampu melayani pelanggan rumahan dan usaha kecil. Bidang usaha besar terpaksa menggunakan mesin genset karena ketidakmampuan daya listrik.
“Kapasitas listrik tidak mampu, kebanyakan sektor usaha di Tenggarong masih menggunakan mesin lampu,” kata Satiman kepada Koran Kaltim, pekan lalu.
Selain wilayah Tenggarong dan sekitarnya, penambahan daya ini juga dilakukan untuk memak-simalkan pasokan listrik di wilayah Kecamatan Muara Kaman dan Kota Bangun. Alat untuk menambah daya Gardu Induk Bukit Biru sudah tiba di Kaltim.
“Sehingga PLN tidak lagi kesulitan jika terjadi masalah di GI (Gardu Induk) Senoni yang bisa menyuplai listrik ke wilayah Kota Bangun dan Muara Kaman. Ini juga merespon permintaan masyarakat, baik masyarakat umum, property agency, dan pelaku usaha menengah ke atas,” terangnya.
Satiman menambahkan, penger-jaan penambahan daya itu mulai dilakukan pertengahan tahun depan. “Dengan penambahan daya ini masyarakat bisa bebas untuk memasang listrik dengan kapasitas berapa saja tanpa harus antrean lama. Ini adalah upaya kita untuk memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya. (ind)