Home >> Hukum & Kriminal >> Polisi Amankan Empat Pelaku Sindikat Curanmor

Polisi Amankan Empat Pelaku Sindikat Curanmor

BALIKPAPAN-Umurnya bisa dibilang masih belia, namun sudah menjadi pelaku sindikat pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) Balikpapan. Bahkan satu dari empat pelaku masih di bawah umur.
Diketahui pelaku tersebut, Hendra Saman (25) warga Telogorejo RT 31 Kelurahan Telaga Sari Balikpapan Kota, Putra Radita (22) warga Kampung Baru Ulu Gg Riko RT 24 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan, Rian Susanto (18) warga Jalan Prapatan Dalam RT 7 Kelurahan Telaga Sari Balikpapan Kota dan RJ (16) warga Telogorejo RT 31 Telaga Sari Balikpapan Kota.
Dari tangan para pelaku petugas juga mengamankan empat unit sepeda motor yang diduga hasil Curanmor. Para pelaku diamankan di lokasi berbeda oleh anggota Jatanras Sat Reskrim Polres Balikpapan.
Informasi yang dihimpun, pengungkapan tersebut bermula atas laporan Edi Sugianto (33) yang mengaku kehilangan sepeda motor Suzuki Satria FU bernomor Polisi KT 3759 LS pada 10 November lalu di kawasan Gunung Bahagia Balikpapan Selatan. Mendapat laporan tersebut anggota Jatanras melakukan penyeledikan dan mengamankan empat pelaku beserta barang bukti hasil kejahatan.
Barang bukti sepeda motor hasil curian di antaranya Yamaha F1ZR, Suzuki Satria FU dan Yamaha Mio Sporty.” Ada empat TKP yang dilakukan oleh para pelaku yakni Gunung Bahagia, Gunung Sari Ulu, Gunung Empat dan Jalan Manuntung,” sebut Kasat Reskrim Polres Balikpapan AKP Kalfaris Triwijaya Lalo didampingi Paur Subag Humas Polres Balikpapan Iptu Suharto.
Harto menuturkan keempat tersangka curanmor tersebut merupakan sindikat curanmor Balikpapan.”Ya mereka ini sindikat curanmor, pemuda ini rata-rata baru tamat sekolah,” katanya.
Di hadapan petugas keempat pelaku mengaku membagi tugas dalam melakukan aksinya. Sebelumnya, mereka terlebih dahulu hunting setelah menemukan sasaran baru pelaku beraksi. “Biasanya yang gak dikunci setang om, kita suntik aja pakai kaki. Itu jatahnya Rian yang ambil kita hanya ngawasi,” ujar Hendro.
Dia menuturkan setelah menda-patkan barang jarahannya selanjut-nya dijual melalui situs jual beli online.”Baru laku satu om yang F1ZR dijual lewat OLX,” katanya. (yud)