Breaking News
Home >> Balikpapan >> Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Lintas Kota

Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Lintas Kota

BALIKPAPAN-Bermula dari penggusuran sebuah rumah di kawasan Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan, anggota Jatanras Polres Balikpapan mampu mengungkap sindikat pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) lintas kota.
Tentu pengungkapan tersebut tidak lepas dari peran masyarakat yang memberikan informasi kepada petugas.
Saat dilakukan penggusuran rumah yang direncanakan untuk pengembangan runway Bandara, warga sekitar mencurigai adanya seseorang yang menggunakan sepeda motor tanpa surat kendaraan bermotor.
Mendapatkan informasi tersebut tim Jatanras Polres Balikpapan yang dipimpin Kanit Jatanras, Ipda Dian Kusnawan melakukan penyelidikan.
Ternyata benar petugas berhasil mengamankan tiga pelaku yakni Amiruddin (26), Andi Maslan (21) dan Bahrul (19) ketiganya warga Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan yang ditangkap di lokasi berbeda.
Kali pertama petugas mengamankan Amirudin dan Andi Maslan yang diduga sebagai spesialis Curanmor. Berdasarkan keterangan kedua pelaku mengarah ke Bahrul.
Kapolres Balikpapan, AKBP Jeffri Dian Juniarta melalui Kasat Reskrim, AKP Kalfaris Triwijaya Lalo menuturkan pelaku beraksi di wilayah Balikpapan Timur dan Samboja Kutai Kartanegara. “Kita amankan unit satu Honda Beat dan tiga unit Kawasaki Ninja. Penangkapan kita lakukan di rumah kosong di Gunung Bakarakan yang diduga sebagai tempat berkumpul para pelaku,”ungkap Kalfaris.
Modus operandi yang digunakan pelaku dengan memanfaatkan kelengahan pemilik sepeda motor. “Pelaku juga membagi peran tersangka Andi Maslan dan Amirudin melakukan pencurian di Balikpapan Timur sedangkan Bahrul di Samboja,”sebutnya.
Dia menambahkan salah satu sepeda motor Kawasaki Ninja belum diketahui TKP-nya. “kami harapkan jika ada masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor silakan melaporkan ke petugas,”tandasnya.
Saat ini, tersangka dan barang bukti berada di Mako Polres Balikpapan guna penyelidikan.(yud)