Rabu, 13/12/2017

Papua Peringkat Satu Daerah Paling Rawan

Rabu, 13/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Papua Peringkat Satu Daerah Paling Rawan

Rabu, 13/12/2017

JAYAPURA– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai, Provinsi Papua menduduki peringkat pertama daerah terawan se-Indonesia pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Komisioner Bawaslu RI Frits Edward Siregar mengatakan, hasil penilaian Indeks Kerawanan Pilkada (IKP), ada tiga indikator yang menyebabkan potensi kerawanan di Papua tinggi pada Pilkada serentak jilid tiga mendatang.

Ketiga indikator itu meliputi, kontestasi, penyelenggara, dan partisipasi masyarakat. “Sebenarnya ada 28 indikator besar yang kita kelompokan lagi menjadi tiga indikator kerawanan suatu wilayah dalam Pilkada. Hasilnya, Papua memiliki potensi kerawanan tertinggi saat Pilkada berlangsung,” tuturnya.

Frits juga ingin semua pihak berkaca pada pengalaman Pilkada sebelumnya di Papua. Kontestasi pasangan calon dan partai politik dinilai berpotensi menimbulkan konflik.

Misalnya, pasangan calon lebih mengedepakan kesukuan ketimbang program untuk menarik suara pemilih.

Frits menyebutkan, hasil penilaian IKP ini dimaksudkan untuk memudahkan Bawaslu menyusun strategi pengawasan. Ia pun mengharapkan IKP dapat memberikan kontribusi mewujudkan pilkada yang makin baik.

“Jadi dengan IKP ini, kita jadi tahu masalah apa yang harus kita upayakan pecegahannya atau penanganannya saat Pilkada, tentunya dengan cara yang sesuai dengan karakteristik Papua. IKP Bawaslu juga menjadi bahan koordinasi dengan pihak Kepolisian,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan, seluruh daerah atau 29 kabupaten/kota yang ada di Papua dinilai rawan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubenur Papua.

“Kami sudah mengkaji, semua wilayah dianggap rawan untuk Pilgub. Tak jauh berbeda dengan Pilkada Bupati 2018, terdapat 7 daerah yakni Puncak, Paniai, Deiyai, Jayawijaya, Mimika, Mamberamo Tengah, dan Biak Numfor. Daerah-daerah ini juga dinilai rawan,” tegasnya.

Meski demikian, pihaknya telah menyiapkan strategi dalam mengantisipasi wilayah rawan mulai dari preemtif, preventif, dan represif. Untuk represif, Polda Papua membentuk Satgas Merah Putih. Tugasnya, mengantisipasi ganguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Pelatihan terhadap penyidik Gakkumdu dan pelatihan PHH dan tim penindak juga kami lakukan. Kepolisian tentu sudah siap untuk mengamankan jalannya pemilu, dimulai dari giat cipta kondisi pra Pilkada,” tutupnya. (kcm)

Papua Peringkat Satu Daerah Paling Rawan

Rabu, 13/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.