Selasa, 30/01/2018

Herwan Susanto Kumpulkan 10 DPC Hanura

Selasa, 30/01/2018

KUBU MUNASLUB: Pengurus Hanura Kaltim kubu Daryatmo menghadiri rapimda II di Samarinda, Senin tadi malam. (Foto: ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Herwan Susanto Kumpulkan 10 DPC Hanura

Selasa, 30/01/2018

logo

KUBU MUNASLUB: Pengurus Hanura Kaltim kubu Daryatmo menghadiri rapimda II di Samarinda, Senin tadi malam. (Foto: ist)

SAMARINDA - Dinamika internal Partai Hanura Kaltim meruncing. Partai yang dibangun Wiranto di Kaltim terancam karam. Munculnya dua kubu berdekatan dengan waktu verifikasi faktual partai politik oleh KPU, Partai Hanura Kaltim bisa tersandung.

Puluhan pengurus Hanura Kaltim berkumpul di sekretariat menghadiri Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) II Hanura Kaltim di Jalan Pembangunan, Samarinda, Senin (29/1) malam. Rapat dipimpin Herwan Susanto, Ketua Hanura (versi Munaslub Ketua Daryatmo). Mereka mengklaim Ketua dan Sekretaris Hanura kabupaten/kota semua hadir.

“Ya, ketua dan sekretaris 10 DPC semua hadir di sini,” kata Tamrin, Sekretaris Herwan Susanto, Senin malam.

Dia menyatakan dari Rapimda II yang digelar untuk mengetahui sikap pengurus di kabupaten/kota menyikapi adanya konflik internal partai. Terlebih lagi kata Tamrin menyikapi agenda verifikasi faktual oleh KPU yang akan dimulai, Selasa (30/1) hari ini.

“Sekarang sedang kami bahas,” kata dia.

Kepengurusan Partai Hanura Kaltim ‘terbelah’ setelah Ketua Umum Hanura, Osman Sapta Odang memberikan mandat kepada Surpani sebagai Ketua Hanura Kaltim. Sementara ketua lama, Herwan Susanto mengakui Daryatmo sebagai ketua hasil Munaslub yang dihadiri 27 DPD Provinsi dan 401 DPC se-Indonesia. Sialnya, KPU menyatakan akan memverifikasi kepengurusan OSO karena terdaftar sebagai pengurus Hanura dari Kemenkumham.

Dinamika mulai muncul tatkala terbitnya SK untuk Surpani jelang verifikasi faktual parpol di daerah. Usia Surpani sebagai Ketua Hanura Kaltim yang tak sampai sepekan, belum memiliki kepengurusan ditingkat kabupaten/kota. Tak cukup waktu juga bagi Surpani membentuk kepengurusan baru.

Sebagai syarat lolosnya partai peserta Pemilu 2019 adalah dari verifikasi faktual KPU ini. Sementara, kepengurusan di daerah adalah hasil konsolidasi Herwan Susanto sebagai ketua lama yang kini tak sejalan dengan OSO.

“Terserah saja, mau verifikasi yang mana,” kata Tamrin.

Tamrin membantah, langkah Herwan Susanto mengumpulkan ketua dan sekretaris DPC Hanura se-Kaltim sebagai penegasan kubunya berseberangan dengan kubu Surpani. Dia mengaku mengumpulkan para pengurus daerah bukan sebagai upaya boikot untuk menggagalkan verifikasi faktual partai. “Tidak ada, itu terserah pengurus daerah saja,” kata dia.

“Kan sudah terdaftar di Sipol, jadi terserah (DPC) saja,” kata Tamrin.

Sementara itu Sekretaris Surpani di Hanura Kaltim, Aji Dendi (versi OSO) tak ingin berandai-andai yang justru membuat bias pekerjaan mendesak yang harus di selesaikan segera. Aji Dendi mengaku saat ini dirinya bersama pengurus tenah fokus menyiapkan segala keperluan jelang verifikasi faktual oleh KPU. “Sekarang tidak ada kubu mana-mana, Hanura utuh di bawah kepemimpinan OSO tidak ada yg lain. Kalau ada yg mengatasnamakan di luar OSO itu merupakan dinamika organisasi yg harus kita hargai, cuma semua kader harus bersatu untuk lolos verifikasi,” kata Aji Dendi duhubungi terpisah.

Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama bekerja agar Partai Hanura lolos sebagai peserta Pemilu 2019. Bagi Aji Dendi momen verifikasi menjadi modal penting untuk melangkah menjadi Hanura Kaltim sebagai pemenang Pemilu.

“Silahkan saja kalau mau hara kiri, cuma maukah kader menghancurkan dirinya sendiri? Karena ini tahapan verifikasi DPD, maka kami fokus dulu demi dan untuk Partai Hanura, seharusnya semua kader turut menyukseskan ini,” ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan pihaknya telah memiliki dokumen kepengurusan baik yang diserahkan oleh DPP Partai Hanura maupun dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hanura dinyatakan lolos verifikasi faktual di pengurusan pusat.

“Nah Hanura ini berdasarkan SK Kemenkumham dan setelah kami verifikasi, kepengurusan yang dianggap sah dalam SK Kemenkumham adalah di bawah kepemimpinan Ketum Pak Oesman Sapta Odang,” ujar Hasyim di Kantor DPP Partai Hanura, Gedung The City Tower Lt 18, Jakarta Pusat, Minggu (28/1). (fir/sab/lpt)

Herwan Susanto Kumpulkan 10 DPC Hanura

Selasa, 30/01/2018

KUBU MUNASLUB: Pengurus Hanura Kaltim kubu Daryatmo menghadiri rapimda II di Samarinda, Senin tadi malam. (Foto: ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.