Senin, 06/11/2017

PSI Gelar Seleksi Bakal Caleg DPR

Senin, 06/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

PSI Gelar Seleksi Bakal Caleg DPR

Senin, 06/11/2017

logo

JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar seleksi terbuka bakal calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Melibatkan panelis independen, seleksi tersebut digelar sejak Sabtu kemarin sampai pekan depan di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu (5/11).

Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni mengatakan bahwa hari ini, total ada 50 peserta yang mengikuti seleksi tersebut.

Ia menerangkan, seleksi terbuka itu untuk menumbuhkan tradisi baru, dalam menyaring bakal calon anggota legislatif yang transparan.

“Jadi orang menjadi calon itu bukan karena kedekatan melalui Ketua Umum, Sekjen dan lainnya,” kata dia.

“Ada aspek transparansi, supaya ini objektif dari orang yang berkualitas, kompeten atau tidak, punya value atau tidak, potensial menjadi agent of change,” tambah dia.

Pelibatan panelis independen seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu serta lainnya adalah untuk mencari bibit bakal caleg tersebut.

“Kita meminta pada tokoh-tokoh masyarakat yang sudah terkenal sebagai ahli di bidangnya untuk membantu kami mencari bibit unggul para politisi,” kata dia.

Bahkan, kata Raja Juli, keputusan pada peserta lolos atau tidak menjadi bakal caleg PSI ada di tangan para panelis independen itu.

“Hampir semua  keputusan di mereka. Justru kami administratif saja. Semuanya di mereka. Jadi mereka kasih nilai,” ujar dia.

Lalu berapa jumlah peserta yang akan diambil, dan kapan diumumkan hasilnya, Raja Juli belum bisa menjawab.

Sebab, PSI masih akan membuka seleksi terbuka tahap kedua, usai seleksi tahap pertama ini.

“Secara administratif kan caleg itu baru diajukan datanya bulan Juli. Nah, habis itu kita harus memenuhi semua itu. Batch pertama ini ada sekitar 190 orang. Nanti akan dibuka batch kedua,” tutup dia. (kcm)


PSI Gelar Seleksi Bakal Caleg DPR

Senin, 06/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.