Home >> PPU - Paser >> Polsek Long Ikis Gelar Penyuluhan Kamtibmas
UPACARA BENDERA: Kapolsek Long Ikis, AKP Jumali menyampaikan pengarahan terkait masalah Kamtibmas pada upacara bendera di SDN 035 Sekurau Jaya
UPACARA BENDERA: Kapolsek Long Ikis, AKP Jumali menyampaikan pengarahan terkait masalah Kamtibmas pada upacara bendera di SDN 035 Sekurau Jaya

Polsek Long Ikis Gelar Penyuluhan Kamtibmas

Bagikan Hadiah kepada Murid SDN 035 Sekurau Jaya

TANA PASER – Guna memotivasi dan selalu mengingat pesan-pesan Kamtibmas yang disampaikan, Senin (28/11), Kepolisian Sektor (Polsek) Long Ikis memberikan hadiah kepada murid SDN 035 Desa Sekurau Jaya yang bisa menjawab enam pertanyaan terkait materi yang dipaparkan.
“Sebelumnya, kami mensosialisasikan penyuluhan tentang Kamtibmas dalam apel rutin di SDN 035 Sekurau Jaya. Setelah itu, kami memberikan pertanyaan atau kuis seputar yang disampaikan, siapa yang benar jawabannya maka akan menerima hadiah,” kata Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan didampingi Kapolsek Long Ikis AKP Jumali.
Adapun materi yang disampaikan saat upacara di hadapan 220 murid SDN 035 Desa Sekurau Jaya, Kecamatan Long Ikis. Pertama, ajakan untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada sang pencipta. Supaya apapun yang dikerjakan mendapat ridha dan bernilai ibadah.
Kedua, upacara bendera setiap Senin merupakan salah satu program dari sekolah, dan salah satu tujuannya untuk menanamkan kedisiplinan, ketahanan sekolah dan memupuk rasa nasionalisme.
Kecuali itu adalah masalah penyalahgunaan narkoba, baik bahaya, dampak maupun sanksi hukum bagi yang melakukannya.
Sedangkan masalah lainnya adalah masalah kenakalan anak-anak dan remaja agar tidak terjerumus menyalahgunakan lem atau menghirup lem, komix obat batuk, minumal oplosan, miras, buah kecubung dan jenis narkoba lainnya.
“Karena, akan merusak kesehatan dan menghancurkan masa depan adik-adik semua,” imbuhnya.
Tak ketinggalan adalah masalah tertib berlalu lintas. Pasalnya, kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Wilayah Hukum (Wilkum) Polsek Long Ikis sangat tinggi.
“Kami juga mengajak kepada seluruh peserta upacara, untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. Karena masih di bawah umur, belum memiliki SIM, dan mengingatkan mereka untuk selalu diantar jemput oleh orang tua, kakak atau keluarganya. Selain itu, kami mengajak mereka untuk mengingatkan kakak, orang tua atau keluarganya untuk tidak menggunakan knalpot racing,” ucapnya.
Polsek juga mengingatkan para murid untuk dapat menjaga dan memelihara cita-citanya dari sekarang dengan memperhatikan lima pesan sebelumnya. “Ini sebagai ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada kedua orang tua dan para guru, dengan terus selalu rajin belajar dan belajar. Supaya mendapatkan nilai yang memuaskan, dan berguna bagi diri sendiri, orang tua, bangsa dan negara,” pungkasnya. (sur)