Populasi Sapi Berau Bertambah Jadi 13 Ribu Ekor

0
17
BERKEMBANG : Hingga kini sektor peternakan terus dikembangkan pemerintah, salah satunya ternak sapi yang terus mengalami peningkatan setiap tahun.

TANJUNG REDEB – Sektor peternakan jadi salah unggulan yang dikembangkan pemerintah daerah. Setiap tahun sektor ini terus mengalami perkembangan di tingkat peternak. Bermodal bantuan dari pemerintah, para peternak kini dapat mengembangkannya.
Peternakan sapi yang saat ini jadi primadona. Data Dinas Kesehatan Hewan Kabupaten Berau menyebutkan jumlah sapi yang tersebar dibeberapa kecamatan hingga saat ini mencapai 13 ribu ekor. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan di Bumi Batiwakkal. “Awal itu hanya 5 sampai 6 ribu ekor saja, tapi sekarang sudah naik 100 persen. Kan ini sangat luar biasa,” ujar Kepala Dinakeswan, Ghazali.
Menurut dia, penyebaran ternak sapi sebagian besar berada di daerah pesisir, seperti Biduk-biduk, Biatan dan Talisayan. Dia berharap dengan perkembangan positif ini Berau di masa yang akan datang bisa swasembada daging sapi. Saat ini Berau belum bisa memenuhi kebutuhan pasar akan permintaan daging sapi, namun pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin.
Selain memenuhi kebutuhan daging di pasaran, peternakan sapi ini juga dimanfaatkan dalam peningkatan teknologi. Ghazali mengatakan program pemanfaatan limbah sapi menjadi biogas menjadi prioritas pemerintah.
“Kita terus sosialisasikan karena penerapannya sangat mudah dan kita juga support dengan bantuan sarana dan prasarana pengolahan,” ujarnya.
Ghazali menjelaskan saat ini pengelolaan biogas telah banyak dimanfaatkan di daerah berkembang. Saat ini beberapa kampung di Berau juga telah mengarah pengelolaan metode tersebut, seperti di Kampung Tembudan. Beberapa masyarakat di sana telah menggunakan biogas dari kotoran ternak.
“Memang pengelolaan biogas ini belum begitu familiar. Selama ini masyarakat hanya menggunakan limbah kotoran sapi sebagai pupuk alami untuk tanaman,” jelasnya. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here