Breaking News
Home >> Planet Football >> Potensi Hujan Gol
SIAP MAIN: Sudah kembali bergabung dengan skuat Portugal, kehadiran Ronaldo diharapkan memotivasi negaranya untuk meraih kemenangan.
SIAP MAIN: Sudah kembali bergabung dengan skuat Portugal, kehadiran Ronaldo diharapkan memotivasi negaranya untuk meraih kemenangan.

Potensi Hujan Gol

Portugal vs Andorra

LISBON – Hanya berselang satu bulan setelah memastikan gelar juara Piala Eropa 2016, Portugal nyatanya tak mampu mempertahankan permainan apik mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia.
Menghadapi Swiss bulan lalu, mereka takluk dua gol tanpa balas lewat aksi Breel Embolo dan Admir Mehmedi, menenggelamkan Seleccao Das Quinas di dasar klasemen Grup B dan sebaliknya, mengantarkan Swiss bercokol di puncak klasemen.
Namun jalan masih panjang. Kans untuk meraih poin terbuka saat Portugal menjamu Andorra di Estadio Municipal de Aveiro, Lisbon, Sabtu (8/10) dinihari nanti (live Soccer Channel pukul 02.45 Wita). Sama-sama merasakan kekalahan pada pertandingan pertama, tim tamu bisa jadi santapan empuk bagi tuan rumah, terlebih Cristiano Ronaldo yang absen melawan Swiss sudah kembali berlatih bersama pemain lainnya dan siap untuk diturunkan pelatih Fernando Santos.
Di Grup B, Portugal difavoritkan untuk lolos bersama Swiss mengingat negara lain seperti Latvia, Kepulauan Faroe dan Andorra hanya jadi underdog yang diprediksi sulit untuk bisa menembus persaingan.
Santos sendiri dipastikan memasang Ronaldo pada pertandingan ini untuk memastikan tiga poin demi mengamankan langkah ke Rusia. “Sejatinya tanpa Ronaldo tim ini tetap memperlihatkan kekuatan terbaik, hanya melawan Swiss lalu kami tampil kurang meyakinkan selain juga faktor kelelahan yang dirasakan pemain yang berlaga di Eropa. Menghadapi Andorra kami akan maksimalkan kemampuan dan Ronaldo? Dia pemain yang punya kualitas, tak ada alasan untuk tidak memasangnya karena kami memerlukan kemenangan,” papar Santos.
Kehadiran Ronaldo diharapkan Santos bisa memotivasi pemain lain. Eder dan Luis Nani diharapkan sang pelatih bisa mendobrak pertahanan lawan sejak menit awal. “Kuncinya ada di gol cepat dan kami menginginkan itu untuk meraih kemenangan,” tegasnya.
Dalam sejarah pertemuan kedua negara, Portugal selalu menang telak setiap kali bersua Andorra. Tahun 2002 silam, Portugal menang 0-3 di away dan 7-1 di home, sementara di laga persahabatan tahun 1999 silam, Portugal menang empat gol tanpa balas. Itu artinya potensi hujan gol berpeluang dilakukan tuan rumah ke gawang Andorra.
Arsitek Andorra Koldo Alvarez tak mau pasrah dengan kondisi timnya setelah kalah dari Latvia 0-1 di depan publik sendiri bulan lalu. “Kami tetap akan berjuang maksimal. Kekalahan Portugal dari Swiss bulan lalu paling tidak bisa memberi kami celah untuk meraih hasil positif meski kans itu sangat kecil,” kata Alvarez.
Dengan pemain yang tak terkenal di kancah Eropa seperti Cristian Martinez, Jordi alaez, Gabi Riera dan Ludovic Clemente, Andorra mematok target meraih satu angka dari pertandingan ini meski itu sangat sulit. (bbc/mar)