Breaking News
Home >> Politik >> PPP Kaltara Diminta Perkuat Struktur, Kultur dan Figur

PPP Kaltara Diminta Perkuat Struktur, Kultur dan Figur

TANJUNG SELOR – Ketua PPP Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Qoyum Abdul Jabar menyampaikan tiga atensi terhadap kader di daerah saat melantik pengurus DPW PPP Kaltara, Kamis malam pekan lalu.
Disebutkan Qoyum untuk menegakkan Pancasila dan Undang-undang Dasar, sebagai partai yang memiliki basis Islam maka seluruh kader termasuk di Kaltara harus menguatkan struktur, kultur dan figur.
“Tiga hal ini menjadi syarat utama untuk menjadikan PPP semakin jaya kedepannya khususnya dalam menghadapi Pileg 2019 mendatang,” sebutnya.
Dijelaskan dia, permusyawaratan sangat penting karena untuk melengkapi struktur organisasi. Ini diperlukan untuk menilai kekuatan sebuah partai maka yang pertama harus dilihat seberapa kuat dan besar struktur yang dimiliki mulai dari pengurus pusat, wilayah, cabang, anak cabang sampai kebawah.
“Bagi kader, harga militan dilihat dari kelengkapan strukturnya didaerah,” kata Qoyum.
Kedua lanjutnya, adalah kultur kader partai berlambang Kakbah dituntut bisa memelihara basis sosial secara bertahap dapat meningkatkan luasan basis. Basis yang dimaksud sebagai partai Islam dikatakan Ketua OKK menjadi modal utama sebagai kekuatan sosial dan budaya.
“Dalam menyusun struktur hendaklah memperhatikan basis kultural PPP. Misalnya di Kaltara kita punya fungsi NU, Muslimin Indonesia, Syariat Islam Penti dan lain-lain, ini harus dipelihara dan kalau perlu kedepan kita bisa mengadopsi semua organisasi keislaman,” terangnya.
Menurutnya, setelah struktur dan kultur sudah punya kekuatan maka harus ada figur. PPP di Kaltara harus mampu menciptakan figur di setiap kepengurusan mulai dari wilayah sampai ke ranting dan tingkat paling bawah.
“Kita bisa melihat bahwa kita memiliki figur ditingkat nasional yang menggambarkan PPP yang sangat baik. Cucu dari kyai pendiri NU. Untuk membesarkan partai maka di daerah juga harus begitu, siapa figur di wilayah, cabang hingga kebawah sebab kunci figur adalah kaderisasi untuk menciptakan pribadi dan generasi unggul,” bebernya.
Sementara itu, dengan modal figur-figur PPP yang saat ini ada di DPRD Kaltara dan kabupaten, maka ia berharap jelang Pemilu mendatang PPP mampu berbenah dan memun-culkan figur-figur yang lebih banyak lagi. “Manuver kita harus lebih cepat dari yang lain, sehingga target tiga besar bisa kita capai,” pungkasnya. (zz)