Proyek Dilelang Tanpa Anggaran

0
15
Marli

Pengesahan APBD-P Molor

TENGGARONG – Pengesahan APBD Perubahan Kutai Kartanegara yang ditargetkan 30 September 2016 molor. Ini dikarenakan kegiatan yang terlanjur dilelang namun anggarannya tidak tercantum dalam RAPBD-P.
Sekda Kukar, Marli menerangkan molornya pengesahan APBD-P ini dikarenakan ada penambahan kegiatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Sejauh ini penambahan kegiatan itu diketahui terjadi di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kukar. “Penambahan kegiatan maksudnya, ada kegiatan fisik yang sudah dilelang tapi tidak bisa dibuatkan kontrak karena tidak tercantum dalam APBD Perubahan,” kata Marli.
Kegiatan tersebut, kata dia, bukan kegiatan siluman, melainkan kegiatan yang semula tercantum di APBD murni 2016. Namun karena defisit anggaran, SKPD lalu melakukan rasionalisasi anggaran.
“Rupanya tanpa disa-dari oleh SKPD, (kegiatan) itu terlanjur dilelang. Saya nggak hafal jumlahnya berapa, tapi itu kegiatan fisik, di Bina Marga sebagian,” ucapnya kepada Koran Kaltim, Selasa (4/10).
Trouble ini baru diketahui setelah ada komplain dari kontraktor pemenang lelang setelah dilaksanakan asistensi atau mengoreksi rincian pagu masing-masing SKPD usai pengesahan KUPA PPAS akhir September lalu.
Untuk itu, kata dia, pengesahan APBD Perubahan molor karena Pemkab Kukar masih mencari cara untuk mengatasi trouble tersebut. Hingga saat ini, ada dua opsi yang akan dipilih, yakni opsi menambah anggaran dengan cara mengajukan pinjaman di bank atau kegiatan tersebut diakomodir di APBD 2017.
“Makanya kami mencarikan caranya, mau tidak mau menam-bahkan anggaran karena kan KUPA itu sudah disetujui, tapi nota ke-uangan ‘kan belum sehingga masih ada celah. Itu jika ada dana tambahan maka KUPA akan direvisi,” bebernya.
Meski demikian, lanjut Marli, APBD-P akan segera disahkan. Apalagi penyampaian Nota Keuangan rencananya akan dilaksanakan 7 Oktober 2016 ini. “Saya nggak hafal berapa kegiatan yang dilelang tapi belum ada kontraknya, tapi tidak sampai 10 kegiatan. Tapi itu baru di Bina Marga, belum SKPD lain,” terangnya.
Hingga berita ini diturunkan, Kepala DBM-SDA, Ahyani Fahdianur Diani belum bisa dikonfirmasi. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here