Published On: Rab, Agu 14th, 2013

PT Jamkrida Kaltim Masih Terhambat Permenkeu

SAMARINDA - Direksi PT Jaminan Perkreditan Daerah (Jamkrida) Kaltim menargetkan percepatan operasional lembaga mitra perbankan mulai beroperasi pada Agustus ini. Target itu cukup realistis, karena berbagai upaya percepatan dilakukan dan diharapkan dapat rampung sesuai target ditetapkan. Karena, saat ini sedang melengkapi syarat dan ketentuan administrasi perizinan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) dan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
“Kalau ditanya target beroperasi, tentu saja direksi ingin lebih cepat. Semua direksi punya target percepatan operasional Jamkrida pada Agustus ini. Kalau syarat ditetapkan Permenkeu bisa terpenuhi, maka target mulai beroperasi bulan ini bisa terwujud sesuai harapan. Selama ini terkendala belum terpenuhinya ketentuan UU PT 40/2007,” kata Dirut PT Jamkrida Kaltim.
Ia membeber, dalam pasal 7 ayat (1) UU PT mensyaratkan minimal dua pemegang saham. Sementara, kondisi saat ini hanya ada 1 pemegang saham, yakni Pemprov Kaltim. Kemudian, setoran minimal wajib di PT dengan modal dasar mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 tentang PT Jamkrida serta pasal 33 ayat (1) dan (2) di UU 40 juga mengatur tentang. Karena, modal dasar PT wajib memenuhi Rp125 miliar, kondisi saat ini telah terpenuhi Rp25 miliar dana penyertaan modal Pemprov Kaltim telah disetor ke rekening PT Jamkrida Kaltim.
“Masih tersisa Rp100 miliar dana penyertaan modal harus dipenuhi. Untuk syarat perizinan sudah lengkap, termasuk infrastruktur sudah dibuat dan siap dijalankan,” terangnya.
Disinggung program kerja disiapkan jelang operasional, Agusshohir didampingi Direktur Operasional dan Direktur Umum mengungkapkan beberapa program disiapkan lebih menitikberatkan pada rencana sosialisasi ke seluruh kabupaten dan kota di Kaltim terkait operasional PT Jamkrida Kaltim. Hal itu sebagai cikal bakal akan dibentuknya cabang PT Jamkrida di kabupaten dan kota.
“Salah satu program akan dilakukan jika sudah beroperasi, yakni sosialisasi ke daerah di Kaltim. Selain itu, percepatan perjanjian kerjasama Bank Pembangunan Daerah Kaltim sebagai partner mengelola usaha PT Jamkrida Kaltim,” jelasnya. (ca)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web