Home >> Football kaltim >> Pulang ke Brazil, Fillipe Putuskan Kontrak Sepihak
fillipe-bertoldo-dos-santos

Pulang ke Brazil, Fillipe Putuskan Kontrak Sepihak

TENGGARONG – Manajemen Mutra Kukar kecewa dengan sikap Fillipe Bertoldo Dos Santos yang secara sepihak memutuskan kontrak dan memilih pulang ke negara asalnya, Brasil.
“Saya sangat kecewa dengan keputusan Felipe yang me-mutuskan secara sepihak kontrak yang sudah di-tandatangani dengan alasan yang tidak pro-fesional,” kata CEO Mitra Kukar, Endri Erawan.
Rencananya, manajemen Mitra Kukar akan membawa kasus ini ke otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA. “Kami sedang mempelajari, apakah kasus ini bisa kami adukan ke FIFA melalui PSSI atau tidak, mengingat sebenarnya pertandingan kita hanya merupakan turnamen, bukan kompetisi resmi,” tutur Endri, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, WhatsApp, belum lama ini.
Endri mengaku sudah mencoba berbagai upaya agar bisa mengganti satu slot asing sepeninggal Fillipe. Namun dirinya tidak berbuat banyak dan pasrah karena waktu pendaftaran pemain putaran kedua sudah ditutup. Endri pun merasa Mitra Kukar sangat dirugikan dari keputusan Fillipe tersebut. “Kami sudah berusaha mengganti pemain tersebut, tapi apa daya waktu pendaftaran sudah ditutup. Jadi sebenarnya di setiap pertandingan kita selalu kalah dalam jumlah pemain asing. Tim lain dapat menggunakan empat pemain asing, kita hanya tiga saja,” ungkap Endri.
Untungnya, lanjutnya, dalam kondisi tersebut pemain lokal mampu men-unjukan kualitas terbaiknya sehingga ketidakadaan Fillipe akhirnya tertutupi. Manajemen pun tidak sungkan memberikan apresiasi terhadap pemain Mitra Kukar. “Untungnya pada situasi yang demikian justru pemain lokal kita menunjukkan peningkatan yang luar biasa, sehingga bisa menutupi kekurangan pemain asing kita. Kami sangat meng-hargai itu semua, semoga mereka bisa dapat mem-pertahankan ataupun mening-katkan performa mereka lagi, sehingga kita dapat terus menambah poin kita di klasemen,” pungkasnya.
Terpisah, Pelatih Kepala Mitra Kukar Jafri Sastra sudah tidak memusingkan keberadaan Fillipe. Jafri menegaskan tidak lagi mengharap kehadiran Fillipe dan akan memanfaatkan pemain lokal. “Fillipe sudah tidak ada dalam pikiran saya lagi,” tegasnya.
Fillipe meninggalkan tim sesaat Naga Mekes akan bertandang ke Stadion Gajayana, Malang, saat menghadapi tuan rumah Arema Cronus. Fillipe pulang ke Brasil setelah mendapatkan izin dari manajemen dengan alasan neneknya meninggal dunia.
Padahal tenaga Fillipe sangat dibutuhkan. Sejak saat itu, pemain yang mengantongi paspor Timor Leste ini tidak pernah lagi menampakan batang hidungnya hingga kini. (ale)