Home >> Kutai Kartanegara >> Puluhan KK Warga Puan Cepak Palsu

Puluhan KK Warga Puan Cepak Palsu

TENGGARONG – Puluhan kartu keluarga (KK) warga Desa Puan Cepak, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara diketahui palsu. Warga mengaku mengurus KK itu kepada oknum aparat desa setempat.
KK itu dipastikan palsu setelah perangkat desa menemukan adanya perbedaan dari tanda tangan dan stempel Kadisdukcapil Kukar. “Kemungkinan besar blangkonya asli. Kita masih menyelidiki dari mana oknum itu mendapatkan blangko,” kata Kadisdukcapil Kukar Getsmani Zeth kepada Koran Kaltim, kemarin.
Warga mengaku mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan KK itu kepada oknum aparat Desa Puan Cepak.
“Padahal dalam aturannya mengurus KK tidak bayar. Ini harus menjadi pelajaran agar warga mengurus administrasi kependudukan secara resmi, jangan melalui calo, apalagi jika harus mengeluarkan uang. Silakan urus langsung ke Disdukcapil atau ke kecamatanya masing-masing,” ujar Zeth.
Untuk mencegah hal serupa, Disdukcapil Kukar akan meningkatkan pemeriksaan KK maupun KTP kepada warga yang hendak mengurus administrasi kependudukan.
Selain itu, Disdukcapil juga akan melakukan razia di 18 kecamatan dalam waktu dekat. “Razia ini selain untuk mengecek keaslian KK dan KTP warga juga sebagai upaya mencegah masuknya teroris di Kukar,” tegas Zeth. (ind)