Breaking News
Home >> Balikpapan >> Puluhan Siswa SMA Sambangi LP Anak
KUNJUNGAN: Para siswa SMAN saat melakukan kunjungan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Balikpapan guna mendapatkan pelatihan soal HAM
KUNJUNGAN: Para siswa SMAN saat melakukan kunjungan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Balikpapan guna mendapatkan pelatihan soal HAM

Puluhan Siswa SMA Sambangi LP Anak

BALIKPAPAN-Puluhan perwakilan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Balikpapan mendapat pelatihan Hak Asasi Manusia (HAM) dari Ditjen Kemenkumham Pusat.
Peserta didik langsung diajak ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Balikpapan, Rabu (5/10) dengan melakukan kegiatan wawancara tatap muka dengan para warga binaan anak di bawah umur.
Kasubdit Deseminasi dan Penyuluhan HAM Ditjen Kemenkumham Pusat, Asep Ruslan mengungkapkan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menyamakan persepsi terkait HAM.
“Banyak yang salah mengartikan HAM, contohnya di lingkungan sekolah ketika seorang guru menyubit anak didiknya sudah dibilang pelanggaran HAM tentu ada sebab mengapa melakukan hal demikian,” ujarnya di sela-sela kegiatan di LPKA yang lokasinya di kawasan Lapas Klas IIA Balikpapan.
Menurutnya, perwakilan pelajar ini harus diberi pemahaman yang baik agar dapat memberi pemahaman kepada rekan yang lain. “Kita ambil perwakilannya saja, jadi nanti adik-adik ini bisa memberikan ilmunya kepada rekannya,”ujarnya.
Output yang akan diambil dari kegiatan tersebut selanjutnya dapat membentuk Komunitas Pemuda Pelajar Penggiat Hak Asasi Manusia (Koppeta HAM) di Kaltim. “Kami akan melakukan koordinasi dengan Gubernur untuk melakukan MoU terkait penguatan HAM,” ujarnya.
Kepala divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kaltim, Hermawan Yunianto menambahkan untuk sementara LPKA lokasinya di Lapas Balikpapan dikarenakan di Lapas Samarinda sudah tidak memungkinkan lagi.
“Keputusan Kanwil Kemenkumham Kaltim sebenarnya ada di Samarinda akan tetapi tidak memungkinkan sehingga LP Balikpapan sebagai LPKA,” timpalnya.(yud)