Raih Lima Manfaat dari Ubi Ungu

0
1

UBI ungu salah satu makanan yang sangat baik untuk tubuh. Terdapat beberapa sumber vitamin, protein, dan energi yang lahir dari ubi ungu. Penasaran, apa saja?
Menurut dr. Julistio Djais, Sp.A (K), M.Kes, terdapat lima manfaat yang dapat diraih dari ubi ungu. Perlu diketahui, ubi ungu mengandung sumber karbohidrat, serat, mengandung pigmen antosianin, sumber vitamin, dan sumber mineral.
“Sumber karbohidrat sebagai sumber kalori. Kemduian, terdapat kandungan prebiotic. Untuk pigmen antosianin, pigmen yang berwarna ungu dan dapat bermanfaat sebagai antioksidan, anti kanker, anti bakteri, serta sebagai pendukung kesehatan saluran cerna,” kata dr. Julistio Djais, Sp.A (K), M.Kes saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan.
Lebih lanjut dia menambahkan, sumber vitamin yang terkandung dalam ubi ungu antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (Vitamin B1), dan ribovlavin. Sekitar 100 gram mengandung vitamin A kurang lebih 7700 mg, mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan buah bit.
“Sumber mineral diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), kalsium (Ca), zinc (Zn), cuprum (Cu), Selenium (Se), dan Yodium (I),” tambahnya. (ic)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here