Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Raja Bhumibol Mangkat, Thailand Berkabung Setahun

Raja Bhumibol Mangkat, Thailand Berkabung Setahun


korankaltim
korankaltim
2016-10-14 21:34:26
JAKARTA - Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mengumumkan negara dalam keadaan berkabung selama setahun menyusul wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej dalam usia 88 tahun.

Pihak istana sebelumnya mengumumkan Raja Bhumibol meninggal hari ini pukul 15.52 waktu setempat. “Yang Mulia meninggal dalam damai di Rumah Sakit Siriraj,” kata pernyataan istana, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (13/10).

Selama setahun terakhir Raja Bhumibol kerap dirawat di rumah sakit Siriraj di Ibu Kota Bangkok karena penyakit yang dideritanya. Sehari sebelumnya istana mengatakan tekanan darah raja turun drastis dan detak jantungnya sangat cepat. Selain itu hatinya juga tidak berfungsi secara normal dan hasil pemeriksaan darah menyatakan dia terkena infeksi. “Meski para dokter sudah mengusahakan yang terbaik tapi kondisinya terus memburuk,” kata istana.

Warga Negeri Gajah Putih yang berkumpul di depan gedung rumah sakit menangis ketika mendengar pengumuman itu. Bhumibol tercatat sebagai raja paling lama berkuasa di dunia, selama 70 tahun setelah menggantikan kakaknya Raja Ananda Mahidol pada 9 Juni 1946. Dia meninggalkan istri, Ratu Sirikit, 84 tahun, juga seorang putra pewarist takhta Pangeran Maha Vajiralangkorn dan tiga putri, Puteri Ubol Ratana, Puteri Maha Chakri Sirindhorn, dan Puteri Chulabhorn Walailak.



JOKOWI IKUT BELASUNGKAWA



Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, Kamis (13/10). Menurut Jokowi, Bhumibol adalah sosok pemimpin dekat dengan rakyatnya.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Raja Bhumibol Adulyadej,” ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (13/10) malam.

“Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand. Kesederhanaan Raja Bhumibol Adulyadej dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani,” sambungnya. Sekadar diketahui, Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dalam usia 88 tahun. Dia hembuskan napas terakhir pukul 15.52 waktu setempat.

Raja kesembilan dari Dinasti Chakri itu meninggal dunia di RS Siriraj. Bhumibol Adulyadej adalah pemimpin monarki paling lama berkuasa setelah resmi menduduki tahta Thailand pada 1946. (mc)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 month ago | dibaca 537 kali
img
korankaltim
korankaltim
2 months ago | dibaca 294 kali
img