Home >> Planet Football >> Rakuten Gelontor Barcelona Rp765 Miliar
SPONSOR UTAMA: CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani (kanan) bersama Josep Bartomeu dengan jersey bertuliskan Rakuten.
SPONSOR UTAMA: CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani (kanan) bersama Josep Bartomeu dengan jersey bertuliskan Rakuten.

Rakuten Gelontor Barcelona Rp765 Miliar

BARCELONA menyepakati kontrak berdurasi empat tahun untuk sponsor di kaus mereka dengan perusahaan internet dan perdagangan elektronik asal Jepang Rakuten. Kontrak ini bernilai sebesar 55 juta euro (Rp765 miliar) per tahun, tidak termasuk berbagai tambahan tergantung prestasi Barcelona.
Kesepakatan ini diumumkan manajemen Barca kemarin padahal sebelumnya Barca sempat populer dengan kebijakan tidak memasang sponsor apapun di kaus mereka. Klub akan menerima tambahan 1,5 juta euro (Rp21,5 miliar) setiap kali mereka menjuarai La Liga dan tambahan lima juta euro (Rp71,6 miliar) setiap menjadi kampiun Liga Champions. Kesepakatan itu, yang memiliki opsi perpanjangan setahun ke depan, akan dimulai pada musim 2017/2018.
“Kesepakatan ini membuat kami jadi yang terdepan dalam sponsor klub olahraga dan akan membantu klub mencapai tujuan sebagai klub terbaik di dunia,” kata Presiden Barcelona Josep Bartomeu.
Juara lima kali Liga Champions dan juara 24 kali La Liga mengambil langkah pertama mengakhiri tradisi kaus bebas sponsor mereka pada 2006 dengan mengenakan logo UNICEF sambil mendonasikan 1,5 juta euro per tahun untuk amal.
Pada Desember 2010, mereka menyetujui kesepakatan lima tahun dengan Qatar Foundation senilai 30 juta euro (Rp430 miliar) per tahun. Saat itu merupakan sponsor di kaus paling menguntungkan di sepakbola. (sdc/mar)