Breaking News
Home >> Samarinda >> Raperda Khusus Disabilitas Segera Disahkan
HARUS DIPERHATIKAN: Minimnya fasilitas untuk penyandang disabilitas membuat Raperda diolah dan segera disahkan.
HARUS DIPERHATIKAN: Minimnya fasilitas untuk penyandang disabilitas membuat Raperda diolah dan segera disahkan.

Raperda Khusus Disabilitas Segera Disahkan

Tahun 2017 DPRD Pastikan Semua Peraturan Rampung

SAMARINDA – Badan Legislatif Daerah (Balegda) DPRD Samarinda memastikan seluruh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) akan rampung pada 2017 mendatang. Hal ini diungkapkan Ketua Balegda Jasno usai membacakan program penetapan peraturan untuk 2017 dalam sidang paripurna di Rumah Jabatan Walikota Syaharie Jaang akhir pekan lalu “Tahun ini memang ada perbaikan dari anggota Baleg yang sebelumnya, karena dari pihak DPRD banyak mengusulkan bisa sampai 18 usulan Raperda dari 25 Raperda,” ujar Jasno.
“Namun untuk tahun ini kami baru bisa menuntaskan 15 Raperda, karena mengingat waktunya juga terbatas. Yang pasti di 2017 semua Raperda itu akan rampung,” imbuhnya.
Dalam waktu dekat ini legislatif juga akan mengesahkan Raperda yang dianggap perlu disahkan dengan segera. “Direncanakan dalam waktu dekat Raperda mengenai penyandang disabilitas akan kami sahkan. Sebab hal ini penting untuk segera dijalankan untuk mensejahterakan kaum disabilitas yang membutuhkan perhatian,” jelasnya.
Menurut Jasno, perlakuan terhadap kaum disabilitas itu penting untuk diperhatikan khususnya dibeberapa tempat pelayanan, kantor perbankan dan tempat perbelanjaan. “Sebab kebutuhan mereka juga perlu diperhatikan, seperti penyediaan lift khusus agar mereka pun bisa nyaman ketempat manapun,” jelasnya.
Selain Raperda perlindungan terhadap disabilitas, Jasno juga menyebutkan bakal mengesahkan Raperda mengenai penanggulangan bencana daerah. “Raperda Penanggulana bencana ini perlu segera disahkan, agar penanganannya lebih terarah. Sebab erdasarkan letak geografis, Samarinda juga termasuk rawan bencana alam. Sehingga untuk mengantisipasi kami pun dalam waktu dekat akan mengesahkan Raperda ini,” pungkas Jasno. (ms315)