Ratusan Burung Adu Gaya dan Adu Merdu

0
1
FOTO: ISTIMEWA LOMBA kicau burung ini diikuti tidak kurang 300 peserta. Kompaknya warga dan panitia dari TNI, mengambarkan semangat kebersamaan.

MASIH memeriahkan HUT ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2016, Kodim 0912 Kutai Barat menggagas lomba Burung Berkicau Mania, yang digelar di belakang markas Kodim 0912 di Sendawar, Minggu (16/10). Kegiatan itu menyedot ratusan warga ikut serta. Tercatat, sekitar 300 orang mengikuti lomba itu.
Ada 8 kelas diperlombakan diantaranya mulai kelas AK 47 (Murai Borneo, Cucak Hijau, Kacer) hingga kelas Granat (Murai Borneo, Kacer, Cucak Hijau).
Dandim 0912 Kubar Letkol Inf Hendriawan Senjaya mengatakan, kegiatan yang baru kali pertama diselenggarakan Kodim 0912, memang mendapat atusiasme tinggi dari masyarakat. Dalam lomba itu, menujukkan semangat kebersamaan, dan menjunjung tinggi sportivitas.
“Berharap kedepan, acara ini akan meningkat ke even di jenjang yang lebih tinggi. Ini sebagai gambaran kemanunggalan dan kekompakan TNI bersama rakyat,” kata Hendriawan, dalam sambutan tertulisnya, sebagaimana dibacakan Pasi Ter Kodim 0912 Kutai Barat, Kapten Inf Sarno.
Ketua Pelaksana Kegiatan Komandan Unit Kodim 0912/KBR, Letda Inf Juweni menjelaskan, standar dasar penilaian lomba kicauan burung, memiliki 3 kriteria. “Yaitu irama dan lagu, volume dan suara, serta fisik dan gaya.
Penilaian utama dan optimal oleh para juri adalah kualitas kicauan burung,” imbuhnya. Untuk diketahui, juara kicauan terbaik dalam lomba tersebut diraih oleh kelas Murai Borneo burungnya bernama Jinggo, milik Aburiyanto, warga Dusun Kem Baru, Kampung Muara Tae, Kecamatan Jempang.
Kemudian kicauan terbaik kelas kacer diraih burung Black Ninja, milik Rama warga Kecamatan Linggang Bigung. Selanjutnya kelas Cucak Ijo terbaik, burung bernama Rojo Lele, milik Rukin warga Kecamatan Melak. Menyusul Love Bird terbaik burung dengan nama Caca milik Cakno, warga Kecamatan Barong Tongkok. Dan Kenari terbaik, burung bernama Kallstar milik Anggi, warga Melak. Terakhir kelas Pleci terbaik, burung dengan nama camp baru putra, milik Camp Baru Bird Club, Kecamatan Jempang. (imr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here