Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Ratusan Hektare Sawah dan Kebun Petani Rusak

Ratusan Hektare Sawah dan Kebun Petani Rusak


korankaltim
korankaltim
2017-05-20 07:10:05
Akibat Banjir, Pemkab Akan Lakukan Koordinasi



SENDAWAR – Banjir besar yang terjadi di Kecamatan Long Iram dan Tering, Kutai Barat (Kubar) beberapa hari lalu masih menyisakan masalah. Ratusan hektare sawah, ladang bahkan kebun milik petani setempat mengalami kerusakan parah. Akibatnya petani mengeluhkan kondisi tersebut dan berharap Pemkab Kubar menyalurkan bantuan, berupa bibit padi, sayuran serta pupuk.

“Semuanya rusak (sawah, ladang dan kebun) pasca banjir,” kata Amat (54), perwakilan Ketua RT Kecamatan Long Iram kepada Koran Kaltim, Jumat (19/5) kemarin.

Hal yang sama dirasakan oleh petani Kampung Tukul, Kecamatan Tering, yang biasanya diakhir pekan mereka selalu membawa dagangan sayurannya, namun karena banjir aktivitas tersebut pun tidak bisa dilakukan.

“Biasanya seminggu sekali kami jual sayuran, seperti sawi, bayam, kangkung, dan juga cabai ke pasar. Tapi sekarang tidak ada lagi. Kami kehabisan modal, berharap uluran tangan pemerintah memberikan bantuan bibit sayur kepada kami,” ungkap Paulus Paran (57) warga Kampung Tukul.

Terpisah, Camat Long Iram, Burhan, membenarkan kondisi ratusan hektare sawah, ladang, dan kebun petani rusak akibat direndam banjir. karena itu pihaknya bersama Pemkab segera akan melakukan koordinasi.

“Sekitar 500 hektare sawah, ladang, dan kebun terendam banjir di Long Iram. Karena itu segera dilakukan pendataan melalui para petinggi kampung, dan saya akan kordinasi dengan Pak Bupati dan Wabup,” bebernya.

Sementara itu dari 15 kampung di Kecamatan Tering, 10 kampung diantaranya terendam banjir sangat parah, termasuk berimbas pada ladang dan kebun.

“Kampung terendam banjir di Tering, yakni Tering Seberang, Purworejo (sebagian), Muara Mujan, Tering Baru, Tering Lama baru, Tering Lama, Jelmuq, Tukul, Muyub Ulu, dan Muara Batuq. Sekarang banjir sudah surut, tapi kerusakan parah terjadi pada kebun dan ladang warga,” ungkap Camat Tering Unat. (imr)

loading...

baca LAINNYA