Published On: Ming, Jun 30th, 2013

Reaksi Bumi Guncang Taman Budaya Kaltim

Lawatan Pentas Tur Teater Bumi Kabupaten Berau

“Perubahan harus terjadi, bila ingin menjadi lebih baik. Berdirilah di garis depan, mendobrak segala kemaksiatan dan kedzaliman. Kikis habis antek-antek yang berbau pembodohan.” (Reaksi Bumi).

PANGGUNG teater di Taman Budaya Kaltim kembali menyuguh-kan  pertunjukan.  Giliran kelompok teater dari Kabupaten Berau unjuk karya pada Sabtu (29/6) lalu. Membawakan naskah Reaksi Bumi Karya Sahar Al-Haq yang disutra-darai Rakhmat Syarif, mereka suk-ses menghipnotis hampir 200 pe-nikmat seni yang hadir malam itu.
Pembina Teater Bumi, Sahar Al-Haq, mengungkapkan, ‘Reaksi Bumi’ tersebut telah beberapa kali mereka pentaskan. Saat ini sudah masuk kali ketujuh. Bermula dari Festival Teater Kaltim (1999), Pentas Hari Bumi Sedunia (1999), Pentas Tunggal di Taman Budaya Kaltim (1999), Festival Teater di Surabaya (1999), Pentas Tunggal di Taman Budaya Banjarmasin (1999), Pentas Tunggal di Taman Budaya Kaltim (2005), dan di Taman Budaya Kaltim, Sabtu lalu .“Membuktikan karya ini masih hidup dan tak lekang, ada beberapa gerakan teaterikal yang terus berkembang sehingga membuat karya ini kapanpun dan oleh siapa-pun dipentaskan akan memberikan kesan yang berbeda, baik para pelakon dan penikmat teater yang menyaksikan,” ujar Sahar yang merupakan penulis naskah karya tersebut.
Di dalam pementasan tersebut, para pelakon menyuguhkan gerakan teatrikal yang dinamis dan berbau ekstrem. Dengan latar yang meng-adaptasi belantara hutan Kali-mantan, Tali-tali terlihat bergan-tungan menjadi wilayah eksplorasi gerak sebagian besar tokoh. Mereka melompat, memanjat dan bermain dari tali satu ke yang lainnya, tak jarang membuat penonton ngeri sendiri melihatnya.
Naskah ini adalah gambaran anak bangsa  melakukan manuver perlawanan terhadap negara yang sedang bobrok dengan krisis politik dan ketidakstabilan kekuasaan. Pemerkosaan hak, krisis kepercayaan dan kesewenangan, dibalut rapi dengan pendekatan-pendekatan tradisi  masyarakat asli bumi Kalimantan.(fac413)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web