Home >> Koran Kaltara >> Rekrutmen Pegawai Dilaksanakan 2017
SILATURAHMI : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) di Jakarta, Kamis (1/12).
SILATURAHMI : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) di Jakarta, Kamis (1/12).

Rekrutmen Pegawai Dilaksanakan 2017

Gubernur Bertemu Menpan-RB

JAKARTA – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie meminta masyarakat untuk bersabar dan terus berdoa agar pelaksanaan penerimaan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kaltara tetap dilaksanakan.
Terlebih dirinya selalu melakukan komunikasi dan menanyakan kapan pelaksanaannya di Kaltara. “Tadi sebelum acara pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi ke XI Tahun 2016, saya bertemu Pak Asman Abnur (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB),” ujar Irianto, Kamis (1/12).
Saat bertemu Menpan-RB, lanjut dia, dirinya mengkonfirmasi terkait rekrutmen CPNS. Secara tegas Menpan-RB menyampaikan bahwa rekrutmen Pegawai ASN untuk Kaltara tetap dilaksanakan pada 2017 mendatang. Terkait kapan akan dilaksanakan menunggu informasi lebih lanjut dari kementerian.
“Waktunya akan akan diinfokan lebih lanjut oleh pihak Kemenpan dan RB. Beliau juga menyatakan masih merasa “berhutang” kepada Kaltara, karena belum sempat memenuhi janji kunker (kunjungan kerja) ke Kaltara. Karena itu beliau minta diagendakan dan Insya Allah tahun depan (2017) beliau akan melaksanakan kunker ke Kaltara,” ujarnya.
Irianto mengatakan, kuota yang diajukan mencapai enam ribu formasi hingga lima tahun ke depan dan sejak tahun lalu telah dilakukan penginputan data ke Kementerian PAN dan RB. Formasi yang diajukan telah sesuai dengan analisa jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK).
“Kita tunggu saja berapa formasi yang diberikan Menpan dan RB. Kita percayakan dan Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan penerimaan CPNS. Sebab kita telah berusaha salah satunya saya telah menyampaikan secara langsung kepada Bapak Presiden (Joko Widodo) dan Pak Menteri (Menpan-RB) bahwa Kaltara masih memerlukan pegawai,” ujarnya.
Irianto mengatakan pengecualian moratorium CPNS untuk beberapa daerah termasuk Kaltara merupakan kebijakan Presiden RI. Kebijakan itu ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Edaran Menteri PAN dan RB nomor B/ 2631 /M.PAN-RB/07/2016 terkait pengadaan pegawai ASN. Disebutkan Pemerintah dalam tahun 2016 sangat membatasi penerimaan pegawai baru dari pelamar umum, terkecuali untuk pengangkatan Dokter, Dokter Gigi, dan Bidan PTT Kementerian Kesehatan, Guru Garis Depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, THL-TB Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian setelah lulus seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), lulusan pendidikan kedinasan/pola pembibitan dan pengadaan formasi tahun 2014 di lingkungan Pemerintah Provinsi dan beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat yang pelaksanaannya ditunda, serta Provinsi Kalimatan Utara sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) Tahun 2012 lalu.
Untuk diketahui Kaltara mendapatkan jatah 500 formasi CPNS. Gubernur juga menyampaikan, ia mengusulkan penambahan jumlah formasi kepada Menpan-RB. Sebab, jumlah yang disetujui tersebut masih berbanding jauh dengan provinsi yang juga mendapatkan pengecualian moratorium rekrutmen CPNS. (adv)