Home >> SEPAKBOLA INDONESIA >> Riedl Rahasiakan Formasi Timnas
Alfred Riedl
Alfred Riedl

Riedl Rahasiakan Formasi Timnas

PSSI Siapkan Bonus jika Kalahkan Vietnam

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl enggan membeberkan formasi yang bakal dipakainya saat berhadapan dengan Vietnam pada laga leg pertama semi-final AFF Suzuki Cup di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12). Ini dilakukan untuk kebaikan pasukannya.
Meski begitu, pria asal Austria mengatakan bakal tetap berusaha untuk memaksimalkan laga kandang tersebut. Sebab, ia merasa kemenangan akan membuat mental para pemainnya jadi bertambah ketika menjalani partai kedua di markas Vietnam 7 Desember 2016.
“Formasi tidak terlalu penting. Terpenting adalah berapa pemain yang menyerang dan berapa pemain yang bertahan. Karena ketika Anda menyerang dengan lima pemain dan tak ada yang bertahan, tidak bisa menang,” kata Riedl.
“Kami perlu keseimbangan dalam bermain. Bila Anda memainkan formasi 4-2-3-1 atau formasi 4-3-3 itu tidak terlalu berbeda seperti yang Anda pikirkan,” ia menambahkan.
Selama menjalani laga babak penyisihan Grup A, timnas Indonesia memakai beberapa macam formasi. Ini terlihat dari beberapa perubahan komposisi pemain tengah yang kerap kali diubah oleh Riedl.
Sementara itu, PSSI menyiapkan bonus untuk timnas Indonesia andai mampu mengalahkan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2016. Hal itu diungkapkan Sekjen PSSI, Ade Wellington.
Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12/2016) sebelum melakoni leg kedua empat hari kemudian. PSSI akan memberikan bonus jika Boaz Solossa dkk. mampu meraih kemenangan.
“Yang pasti kita berikan (bonus). Kata Pak Ketua Umum (Edy Rahmayadi) ini bukan permintaan, tapi kita kasih. Untuk nominalnya kami putuskan nanti,” ujar Ade Wellington.
Di tahun 2010, Indonesia pernah menjadi finalis ketika bertindak sebagai tuan rumah. Tapi, di dua edisi Piala AFF berikutnya tim Merah Putih hanya sampai di babak penyisihan grup. “Ini adalah kesempatan setelah enam tahun kita menunggu. Harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Peluang sudah ada. Tinggal memaksimalkan,” tambahnya.
PSSI sudah mendapat konfirmasi perihal kedatangan Vietnam. Le Cong Vinh dkk. akan tiba di Jakarta, Rabu (30/11/2016) siang. “Mereka mulai latihan H-2. Kami sudah menyiapkan tempat di depan Stadion Pakasari. Baru H-1 mereka akan menjajal lapangan Pakansari malam hari sesuai dengan jam pertandingan nanti,” pungkasnya.(ic)