Home >> Sportainment >> Rossi Tak Berteman dengan Vinales
PROFESIONAL: Jadi rekan satu tim di Yamaha, Vinales dan Rossi dipastikan tetap bersaing untuk merebut gelar juara MotoGP tahun depan.
PROFESIONAL: Jadi rekan satu tim di Yamaha, Vinales dan Rossi dipastikan tetap bersaing untuk merebut gelar juara MotoGP tahun depan.

Rossi Tak Berteman dengan Vinales

PEBALAP veteran MotoGP Valentino Rossi mengatakan hubungannya dengan Maverick Vinales di Movistar Yamaha selama dua musim ke depan akan berlangsung secara profesional.
Berbicara kepada Repubblica.it, Rossi mengatakan tidak akan bisa berteman dengan Vinales karena sama-sama mengincar gelar juara dunia MotoGP. Namun, The Doctor yakin hubungannya dengan Vinales akan lebih baik ketimbang ketika bersama Lorenzo. “Saya tidak berpikir kondisinya akan seperti dengan Lorenzo. Tidak akan ada tembok pemisah di paddock kami musim depan,” ujar Rossi.
Dengan talenta yang dimiliki Vinales, pebalap muda asal Spanyol itu diprediksi akan menjadi ‘musuh’ baru bagi Rossi di Yamaha. Sama seperti ketika Jorge Lorenzo merusak dominasi Rossi di awal kariernya bersama Yamaha.
Hubungan Rossi dengan Lorenzo terus memburuk sejak kali pertama menjadi rekan setim di Yamaha pada 2008. Namun, Rossi yakin kondisi hubungannya dengan Vinales akan berbeda.
“Saya dengan Vinales tidak bisa menjadi teman, karena itu tidak mungkin dalam MotoGP. Tapi, kami akan saling menghormati. Dengan Lorenzo, dalam hal performa, rivalitas membuat kami menjadi pebalap yang lebih baik,” sambungnya.
Vinales sudah menunjukkan tanda-tanda meyakinkan di debutnya bersama Movistar Yamaha pada tes resmi di Sirkuit Valencia. Pebalap yang masih memiliki kontrak dengan Suzuki hingga Desember 2016 itu menjadi yang tercepat sepanjang dua hari tes. Bahkan pada tes hari kedua, Vinales menjadi satu-satunya pebalap yang mampu menembus catatan waktu 1 menit 29 detik. Sementara Rossi berada di posisi ketujuh dengan catatan waktu 0,734 detik lebih lambat daripada Vinales.
Sementara Marc Marquez menyatakan kalau Vinales salah satu pebalap favorit di balapan muism depan. “Vinales akan memacu motor berbeda (mulai 2017). Perubahan ini menunjukkan keberanian mereka dan saya tidak mengeluarkan mereka dari bursa juara dunia,” tegas Marquez.
“Tidak ada yang favorit musim depan, meskipun ada seseorang yang akan berusaha mempertahankan gelarnya,” imbuh Marquez yang sama sekali tidak menyinggung Rossi sebagai kandidat juara dunia.
Marquez hanya sedikit tertinggal dari catatan waktu tercepat Vinales selama tes di Sirkuit Ricardo Tormo. Menurut juara dunia MotoGP 2016 itu, kini tugasnya sudah selesai. “Mereka (Honda) telah mengatakan kepada saya di tes Valencia hanya menurunkan motor prototipe ekperimental. Baru pada tes tahun depan (di Sepang), mereka akan membawa motor baru dengan power dan akselerasi yang lebih oke,” tutur Marquez. (crc/mar)