Home >> Internasional >> Rudal “Setan 2” Rusia Diklaim Capai Inggris dalam 13 Menit
tengah

Rudal “Setan 2” Rusia Diklaim Capai Inggris dalam 13 Menit

MOSKOW – Pemerintah Rusia resmi memperkenalkan rudal supernuklir RS-28 atau dijuluki “Setan 2” yang ditembakkan dengan kendaraan hipersonik Object 4202. Media Inggris dalam laporannya mengklaim senjata menakutkan Rusia ini bisa mencapai wilayah Inggris hanya dalam waktu 13 menit.
Informasi tentang senjata menakutkan Rusia ini pertama kali dibocorkan media Rusia ketika ketegangan antara Moskow dengan negara-negara Barat memanas. Makeyev Rocket Design Bureau, badan yang diperintahkan Kremlin untuk merancang rudal RS-28 dalam website-nya pernah mengungkapkan sedikit rincian tentang rudal “Setan 2” tersebut.
Laman Daily Mirror mengutip keterangan analis militer Viktor Litovkin, menyebut rudal RS-28 yang ditembakkan dengan kendaraan hipersonik Object 4202 dari Kaliningrad bisa mencapai Inggris hanya dalam 13 menit.
”Dimulai manuver pada kecepatan hipersonik untuk mengatasi sistem pertahanan rudal musuh,” kata Litovkin, yang dilansir semalam.
Pemerintah Presiden Vladimir Putin telah menguji hulu ledak hipersonik nuklir itu di Pangkalan Yasny Launch, di Rusia, beberapa waktu lalu.
Para ahli senjata Rusia sebelumnya menyebut rudal “Setan 2” Moskow bisa menghancurkan area seluas Prancis atau Texas hanya dengan serangan tunggal.
Pemerintah Putin tidak pernah mengonfirmasi senjata menakutkan yang dimilikinya itu. Pemerintah Inggris juga belum berkomentar terkait laporan tentang keberadaan rudal supernuklir RS-28. (sdn)