Home >> Samarinda >> RZ Distribusikan 100 Paket Logistik Untuk Myanmar

RZ Distribusikan 100 Paket Logistik Untuk Myanmar

SAMARINDA – Setelah sempat tertahan dan tidak dapat masuk ke Rakhine, salah satu daerah konflik terparah di Myanmar, akhirnya Relawan RZ (RumahZakat) pada Selasa (29/11) lalu, berhasil masuk dan mendistribusikan bantuan untuk warga Muslim Rohingya.
Rakhine adalah salah satu negara bagian yang terletak di pantai barat Myanmar. Sejak serangkaian serangan yang dilakukan militer Myanmar pada Sabtu (12/11) lalu, tidak kurang 150 warga Muslim Rohingya di Rakhine yang meninggal dan 33 ribu orang terpaksa mengungsi. Bahkan 200 orang diantaranya mencoba mengungsi ke Bangladesh namun ditolak penjaga perbatasan.
Warga Muslim Rohingya di Rakhine sangat membutuhkan bantuan, namun penjagaan yang ketat membuat bantuan kemanusiaan tidak dapat masuk dengan leluasa ke sana. “Untuk tahap pertama, kami mendistribusikan paket bantuan logistik berupa beras, kacang-kacangan dan garam untuk 100 keluarga. Warga Rohingya sangat berterima kasih, karena memang mereka kekurangan makanan di sini,” ungkap Noor Yahya Muhammad, Chief Program Officer RZ.
Relawan RZ rencananya masih akan berada di Myanmar hingga 7 hari kedepan untuk mendistribusikan bantuan tahap 2 sekaligus memantau perkembangan terkini di sana. “Dalam waktu dekat, RZ akan kembali mengirimkan Relawan tambahan ke Myanmar,” ujar Noor Yahya.
Terpisah, Branch Manager RZ Samarinda Mega Folandiana mengatakan, di tanah air, RZ terus menghimpun bantuan dari semua pihak untuk membantu korban dengan menggulirkan program Lets Give dan #Love4Rohingya.
“Kami di Samarinda, juga terus mengajak masyarakat Kota Samarinda untuk memberikan kepeduliannya kepada saudara muslim kita di Rohingya,” pungkasnya. (*/rs616)