Breaking News
Home >> Headline >> Sah! Rita Nakhodai Golkar Kaltim

Sah! Rita Nakhodai Golkar Kaltim

Setya Novanto: Saya Dukung Kader Muda

BALIKPAPAN – Sebanyak 134 orang pengurus DPD I Golkar Kaltim resmi dilantik Ketua Umum DPP Golkar, Setya Novanto di tepi Pantai Manggar, Balikpapan Timur, Ahad (9/10). Surat keputusan pelantikan dibacakan Kordinator Pemenangan Pemilu Wilayah Kalimantan, H Sofyan Hasdam. Pelantikan digelar dengan membaca teks pelantikan dan penyerahan bendera Partai Golkar dari ketua umum kepada ketua DPD I Golkar Kaltim Rita Widyasari.
Sesaat setelah itu, dalam pidato politiknya, Rita berharap kehadiran para petinggi DPP Golkar di Bumi Etam sejatinya membangkitkan semangat pengurus Golkar di Kaltim. Adapun tongkat kepemimpinan yang kini digenggam tak lantas membuatnya lupa terhadap peran kader senior yang berjasa membesarkan partai berlambang pohon beringin tersebut. Sehingga, Rita tetap akomdir sejumlah pengurus lama, termasuk sejumlah pengurus DPD II masuk dalam kepengurusan DPD I Golkar Kaltim.
“Kalau lihat komposisi pengurus, saat ini ada 65 persen kader muda. Sedangkan 30 persen perempuan. Kenapa anak muda, supaya lebih semangat. Tapi, kita tetap menghargai yang senior,” sebut Rita, kemarin.
Tak luput pula perhatian Rita kepada mantan Ketua DPD I Golkar Kaltim yang juga Wakil Gubernur Kaltim, HM Mukmin Faisyal yang hadir dalam momentum pengukuhan pengurus tersebut. “Semoga jasa Pak Mukmin selama ini jadi referensi kader Golkar dalam menjalankan kehidupan politik di daerah,” ucap Rita seraya meminta Mukmin berdiri dari kursinya.
Kepemimpinan Rita merupakan babak baru, setelah Golkar didera serangkaian dinamika internal, termasuk aroma rivalitas yang tersisa setelah suksesi pemilihan ketua DPD I Golkar Kaltim di arena Musyawarah Daerah (Musda) beberapa bulan lalu berakhir di Jakarta.
“Secara pribadi, saya sangat menghargai Kanda Said Amin, beliau senior saya dan memiliki napak tilas sejarah bagi Golkar Kaltim. Salam hormat buat beliau. Tapi, saya juga menghargai panggilan seorang kader untuk membesarkan partai yang telah mendarah daging. Saya bisa sebut biologis Golkar,” sebutnya.
Dengan kepengurusan baru, diharapkan roda organisasi berjalan lebih cepat dan konsolidasi secara massif terlaksana sesuai target untuk menangkan pertarungan di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.
DUKUNG KADER MUDA

Setya Novanto mendukung komposisi 60 persen kader muda masuk dalam jajaran pengurus Partai Golkar Kaltim. Bahkan, Setnov meminta Rita agar fokus mendekatkan Golkar dengan rakyat, serta selalu memberi kontribusi terhadap pembangunan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Tak hanya itu, keberpihakan terhadap petani dan nelayan menjadi misi kader Golkar dimasa mendatang. Selanjutnya, program rumah pangan Golkar dan sosialisasi amnesty (pengampunan) pajak jadi program yang terus disinergikan ke seluruh jajaran pengurus DPD kota dan kabupaten. Terhadap persiapan suksesi, pilkada dan legislatif akan dilakukan pemantapan lewat survei terhadap dukungan figur di masyarakat. (din/sof215/yud)