Home >> OTOMOTIF >> Saingi Kawasaki Ninja, Akula Dijual Lebih Murah
new-tvs-akula-310-concept-p2

Saingi Kawasaki Ninja, Akula Dijual Lebih Murah

Akula 310 Diluncurkan Awal 2017 Mendatang

JAKARTA – Debut sepeda motor sport kerja sama antara TVS Motor dengan BMW bernama Akula 310, sepertinya tak akan lama lagi bakal dilakukan. Motor sport penantang Kawasaki Ninja itu diketahui juga sempat dipamerkan di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, awal November lalu. Selain di India, Akula memang diproyeksikan bakal turut mengaspal di Indonesia.
Kabar terbaru, Akula 310 sedianya bakal dijual dengan banderol di bawah 2 lakh. Besaran nilai 2 lakh sendiri yakni sekira Rp40 jutaan. Demikian dilansir Indianautosblog, Senin, 28 November 2016.
Meski sejauh ini produksi baru akan dilakukan di India, namun ke depan TVS Akula akan diproduksi di Tanah Air, tepatnya di Karawang, Bekasi, Jawa Barat. Untuk produksi Indonesia, Akula 310 akan diekspor untuk memenuhi kebutuhan negara-negara ASEAN, seperti Filipina, Laos, dan Myanmar.
TVS Motor pusat bulan ini juga menegaskan, Akula akan diperkenalkan pada Februari-Maret 2017 mendatang. Motor itu dikatakan bakal dibekali mesin 313cc satu silinder yang juga dipakai pada BMW G310R dan G 310GS. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimum 34 PS dan torsi puncak 28 newton meter.
Meski purwarupanya saat ini dikenal dengan nama Akula 310, namun kuat dugaan saat diluncurkan nanti akan memiliki nama TVS Apache RTR 300. Ini akan jadi model pertama TVS yang semuanya tertutup fairing.
Sementara itu, Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia, Ventrakaman Thiyagarajan, beberapa waktu lalu menyebut bila TVS Akula rencananya akan dipasarkan dengan harga di bawah Rp50 juta. Harga itu disuarakan sebelum laporan terbaru keluar. “Soal harga, kami akan usahakan di bawah Rp50 juta, yang jelasnya nanti lihat saja,” ujarnya.
Dia juga menyebut, TVS Akula versi produksi akan diluncurkan pada semester pertama tahun depan dan kemungkinan akan berbarengan dengan debut global di India. “Kemungkinan akan berbarengan meluncurnya dengan yang India, yaitu pada awal semester pertama tahun 2017 nanti.” (vvi)