Saleh Gantikan Irman Gusman


korankaltim
korankaltim
2016-10-12 05:00:31
JAKARTA - Mohammad Saleh, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Bengkulu, terpilih menjadi Ketua DPD RI menggantikan Irman Gusman. Saleh unggul dengan 61 suara berdasarkan hasil voting dalam sidang paripurna luar biasa DPD RI, Selasa (11/10).

Adapun calon ketua DPD lainnya Ratu Hemas mendapatkan 31 suara dan Farouk Muhammad 23 suara. Adapun suara tidak sah hanya 1 suara. Total semua pemilih berjumlah 116 suara. “Dengan persetujuan Sidang Paripurna, menetapkan Mohammad Soleh sebagai Ketua dan saudara Ratu Hemas sebagai Wakil Ketua I, dan Farouk sebagai Wakil Ketua II,” kata Pimpinan Sidang Paripurna Luar Biasa, Maimanah Umar sambil mengetuk palu di Gedung DPD, Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, Saleh juga terpilih sebagai Pimpinan DPD wilayah Barat menggantikan Irman Gusman. Dia peroleh 59 suara, unggul jauh dari Parlindungan Purba yang hanya mendapatkan 21 suara. Saleh dipilih dari 12 calon anggota DPD yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua.

Satu orang mengundurkan diri, sehingga dalam pemungutan suara (voting), Saleh terpilih dengan suara terbanyak. “Hasil perhitungan suara dari barat memutuskan Mohammad Saleh dengan suara 59 suara. Selamat!” kata Pimpinan Sidang, Farouk Muhammad. Di sela sidang, Saleh sempat memberikan pernyataan bahwa jabatan yang diembannya ini sebagai amanah yang berat. “Karena total suara yang diberikan pada saya. Saya berjanji untuk membangun bangsa ini,” kata Saleh. (vn)

baca LAINNYA