Breaking News
Home >> Samarinda >> Samarinda Dilanda Cuaca Ekstrem

Samarinda Dilanda Cuaca Ekstrem

SAMARINDA – Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Temindung Sutrisno menyatakan Samarinda dan sekitarnya saat ini dilanda cuaca ekstrem. “Berdasarkan prakiraan, pada periode satu hingga dua minggu ke depan masih ada potensi terjadinya peningkatan kondisi cuaca ekstrem khususnya di wilayah Kota Samarinda dan juga Kaltim secara umum karena saat ini masih musim hujan,” ucap Sutrisno.
Potensi terjadinya cuaca ekstrem di Samarinda dan sekitarnya juga disebabkan terjadinya badai Siklon Tokega di wilayah bagian Timur Filipina. “Biasanya, jika terjadi badai siklon di Filipina, maka kita juga akan terdampak pada ekor badai tersebut,” kata Sutrisno.
Menyusul kemungkinan masih terjadinya cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengimbau warga khusunya di kawasan yang selama ini rawan tergenang agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Warga yang tinggal di lereng-lereng bukit dengan kondisi yang sudah kurang tanaman agar juga diimbau agar senantiasa waspada kemungkinan terjadinya longsor sebab hujan yang berlangsung lama dengan intensitas sedang dapat menggerus tanah sehingga berpotensi terjadi longsor. “Warga juga kami ingatkan agar tidak bernaung di bawah pohon yang tinggi dan di bawah baliho jika terjadi hujan, sebab potensi hujan disertai angin kencang dan petir juga tetap ada,” tutur Sutrisno.
Untuk banjir yang melanda Kota Tepian dua hari lalu akibat tingginya curah hujan berpotensi berlangsung lama jika disertai pasang Sungai Mahakam. “Air pasang dari Sungai Mahakam jadi salah satu faktor tingginya air yang menyebabkan banjir,” sebutnya.
Seperti diketahui, sejumlah kawasan di Samaranda terendam Senin (28/11) lalu akibat hujan dengan intensitas tinggi. Selain menggenangi ruas jalan, termasuk sempat melumpuhkan jalur yang menghubungkan Kota Samarinda dengan Kota Bontang di Jalan Kesejahteraan dan DI Panjaitan, banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum, di antaranya RSUD AW Syahranie, Markas Polsekta Samarinda Utara, Puskesmas Sungai Siring, serta sejumlah sekolah. (ant)