Kamis, 28/12/2017

DLH Incar Tradisi Kembang Api

Kamis, 28/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

DLH Incar Tradisi Kembang Api

Kamis, 28/12/2017

logo

SAMARINDA – Menjelang pergantian tahun, kerap kali diidentikan dengan berbagai perayaan atau kegiatan meriah. Salah satu yang tak bisa lepas yaitu tradisi kembang api di berbagai tempat salah satunya kawasan Tepian Mahakam Jalan Gajah Mada. Mengantisipasi banyaknya sampah berserakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda mengaku sudah menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). 

“Semua armada untuk kebersihan tetap kami turunkan, namun untuk mengantisipasi volume sampah yang menumpuk, nanti ada LSM yang akan membantu kerja kami,” ujar Kepala DLH Samarinda Nurrahmani.

Ia pun menyadari kuantitas sampah di Kota Tepian memang sangat banyak bahkan bisa mencapai 800 ton perhari. Namun tak semuanya bisa diangkut menggunakan armada kebersihan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Yang masuk ke TPA hanya 520 kubik, perkiraan kami 300 kubik biasanya diambil pemulung dan ada juga yang sengaja membuang ke kawasan sungai,” tutur mantan Camat Sungai Kunjang.

Padahal, TPA yang tersedia berada di dua lokasi yaitu TPA Jalan Suryanata Samarinda Ulu dan TPA di Pelita VII Sambutan. 

Hanya saja sampai saat ini kata Yama, hanya satu TPA saja yang dapat difungsikan untuk menampung persampahan kota.

“TPA yang berfungsi hanya di Suryanata. Kalau TPA Sambutan sebenarnya bisa namun yang bisa membuang hanya personal saja paling tinggal disana daya tampungnya hanya 5-6 ton per hari lebih dari dulu belum bisa,” bebernya.

Meski hanya satu TPA yang dapat difungsikan, Yama tetap mengingatkan agar masyarakat tetap memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing.

“Paling tidak kami sudah sering mengingatkan, menjaga kebersihan tidak hanya tugas DLH saja tapi tugas kita semua. Jangan ada lagi yang membuang sampah di sungai, budaya ini yang harus dibuang,” tandasnya. (ms)


DLH Incar Tradisi Kembang Api

Kamis, 28/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.